10 Contoh Isi Kesepakatan Kelas Anak TK

Kesepakatan kelas seharusnya dibuat dan dirumuskan oleh guru TK, selanjutnya di informasikan serta diberitahukan kepada siswa TK.

Harapan adanya kesempatan kelas bertujuan untuk menciptakan kedisiplinan dan pembiasaan yang baik di kelas.

Kesepakatan kelas berisi aturan dan pembiasaan yang bersifat pembinaan bagi siswa TK agar dapat mematuhi aturan yang dibuat dari kesepakatan bersama di kelas.

Kesepakatan kelas merupakan program kedisiplinan yang bagus, berfungsi untuk membina anak TK agar tunduk dan patuh terhadap aturan yang terutama disepakati bersama.

Tidak hanya di sekolah TK saja, kesepakatan kelas juga ada di SD dan SMP, ketentuan aturan setiap jenjang hampir sama.

Jadi kesepakatan kelas yang khusus dibuat untuk anak TK boleh dipakai untuk kesepakatan kelas SD.

Kesepakatan kelas bersifat terbuka artinya aturan yang dibuat dapat disesuaikan dengan kondisi dan keinginan pihak guru untuk mengatur murid TK.

Mendesain poster kesepakatan kelas dengan grafis sederhana dapat menggunakan template khusus poster yang bisa di edit menggunakan aplikasi Canva.

Kesepakatan kelas yang sudah dirumuskan harus dicetak menggunakan printer dan ditempelkan di dinding dalam kelas agar dapat dilihat dan dibaca siswa.

Jika anda belum menemukan gambaran kesempatan kelas yang juga dipakai di TK lain bisa mengikuti saran dan ide isi kesempatan kelas untuk anak TK berikut ini.

Isi kesepakatan kelas tk

10 Isi Kesepakatan kelas untuk Anak TK

10 ide kesepakatan kelas untuk anak TK sebagai berikut :

1. Datang Sekolah Pagi Sebelum Jam Masuk

Karena pernah anda siswa yang sering terlambat maka guru membuat aturan kesepakatan kelas yang mengatur kapan datang ke sekolah dan kapan waktu ideal pergi ke sekolah agar tidak dimarahi oleh guru kelas.

Karena kasus ini guru bisa menambah poin ini ke dalam kesepakatan kelas agar menjaga kedisiplinan siswa dan peran siswa sebagai peserta didik yang baik dan patuh.

2. Ramah, Senyum dan Menjawab Salam kepada Guru

Moral dan pembiasaan yang bagus di TK berkaitan dengan cara baik anak TK berinteraksi dengan guru kelas.

Anak TK harus dibina untuk bisa tersenyum dan ramah kepada guru dan sesama siswa.

Karena adanya siswa yang sering cemberut dan jutek terhadap guru menjadi perhatian dari para guru, untuk menangani masalah tersebut guru harus membuat poin ini ke dalam kesepakatan kelas TK baik kelas A dan kelas B.

3. Menyanyikan yel yel dan Berdoa sebelum Belajar

Pembiasaan di dalam kelas yang sering dilakukan bersama guru yaitu mengajak siswa agar ikut aktif dalam kegiatan belajar di taman kanak-kanak.

Siswa harus mengikuti cara belajar yang guru jelaskan dan perintahkan seperti ikut kegiatan aktif saat menyanyikan yel yel secara serempak dan mengikuti pembiasaan nilai agama dan moral seperti berdoa sebelum pelajaran inti dimulai.

4. Merapikan Kembali Mainan Setelah digunakan

Karena guru merasa lelah dengan perilaku siswa TK yang tidak bertanggung jawab menata kembali APE indoor yang sudah selesai digunakan bermain.

Maka guru dapat menambahkan poin ini untuk mengingat dan pembiasaan baik yang mengatur cara bermain anak didik.

5. Mendengarkan Penjelasan Guru saat Belajar

Karena isi kesepakatan kelas bersifat menyesuaikan dengan kondisi, anda bisa menambahkan poin ini ke dalam isi kesepakatan kelas.

Hal ini dilakukan karena guru merasa lelah mengatur siswa yang tidak memperhatikan penjelasannya guru yang sedang mengajarkan materi pelajaran.

Diharapkan dengan masuknya poin ini dapat membatasi perilaku buruk anak TK tersebut.

6. Berperilaku Sopan dan Patuh

Pembiasaan dan moral yang wajib anak TK tanaman di dalam dirinya berkait dengan nilai agama dan moral.

Pembiasaan untuk berperilaku sopan kepada guru harus ditulis di dalam isi kesepakatan kelas agar mereka berhati hati dalam berperilaku.

7. Mengerjakan Tugas yang diberikan Guru

Kasus di TK yang sering terjadi anak tidak mau mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru dan tidak mengerjakan PR yang sudah diumumkan guru kelas.

Hal ini perlu menjadi perhatian untuk menambah aturan baru di Kesepakatan kelas agar mereka dapat mengingat isi kesempatan kelas yang sudah disepakati bersama.

8. Menjaga Kebersihan di Dalam Kelas

Menjaga kebersihan di lingkungan TK sulit direalisasikan oleh siswa TK, karena faktor menjaga kebersihan ini sulit diterapkan oleh anak TK maka ini dapat menjadi poin dalam membuat kesepakatan kelas yang wajib siswa TK patuhi dan terapkan di lingkungan.

Diharapkan dengan masuknya poin ini dalam kesepakatan kelas dapat menciptakan perilaku baru yang berkaitan dengan menjaga kebersihan di kelas, selokan dan lapangan sekolah.

9. Melepas dan Menaruh Sepatu di Rak Sepatu

Aturan sebelum masuk kelas yaitu siswa TK harus menjaga kerapian dengan menaruh dan menata sepatu di rak yang disediakan, ini dapat menjadi poin yang termasuk dalam kesepakatan kelas anak TK.

Anak TK harus patuh mengikuti poin kesepakatan kelas yang sudah dibuat dengan sukarela dan wajib.

10. Dilarang Makan dan Jajan saat Jam Pelajaran

Penciptaan aturan yang bersifat menyesuaikan dengan kondisi yang sering tidak disukai guru adalah siswa yang makan dan minum di dalam kelas.

Selain itu ada juga siswa yang membeli jajan saat jam pelajaran, hal ini dapat meresahkan para guru.

Karena itu ketidaksukaan ini dapat dirumuskan menjadi kesempatan kelas yang harus disepakati oleh guru dan sesama siswa.

Bagikan melalui media sosial
Atau
Bagikan dengan tautan
Posting Komentar