10 Kegiatan Menemukan Jati Diri Anak TK

Menemukan jati diri sangat diperlukan bagi anak TK, karena dengan mengenali jati diri maka anak dapat menerima dan memahami diri sendiri dengan sikap yang baik.

Jati diri dikatakan sebagai hal yang bersifat abstrak dan berkaitan dengan nilai religius. Jati diri harus ditemukan oleh anak sendiri, agar mereka dapat mengenali jati diri secara mandiri maka perlu merangsang dengan menciptakan kondisi pengembangan jati diri di sekolah.

Kegiatan di TK untuk menemukan jati diri berbeda beda pada setiap anak, agar mereka mampu mengetahui jati diri maka harus ada kegiatan atau tema tertentu.

Contoh penciptaan suasana tentang diri sendiri pada tema pelajaran diriku atau diri sendiri. Diharapkan dengan pengenalan tentang diri sendiri anak dapat menerima nasibnya dengan lapang dada.

Selain itu dengan menemukan jati diri anak dapat termotivasi untuk berkembang lebih baik, dan mereka mampu belajar dari masalah yang dialami di masa sekolah dan di lingkungan sekitar rumah.

Guru harus kreatif dan aktif dalam kegiatan penting bagi anak TK dalam menemukan jati diri dengan kegiatan yang positif dan menyenangkan untuk dilakukan.

Bermain peran

10 Contoh Kegiatan Jati Diri Anak TK

1. Mengembangkan Minat terhadap Keterampilan Tertentu

Agar mengetahui jati diri maka siswa harus mengembangkan minat terhadap keterampilan tertentu, dengan begitu mereka dapat mengetahui bakat dan jati diri yang terpendam dari minat keterampilan yang mereka suka kerjakan.

2. Mawas diri untuk Menyadari Kelebihan yang di Miliki

Untuk mengetahui kelebihan yang dimiliki anak TK maka perlu kegiatan yang namanya mawas diri.

Kegiatan mawas diri berguna untuk menemukan motivasi dan kelebihan yang pernah dilakukan tapi belum mengetahui bahwa itu merupakan kelebihan dirinya yang sulit ditemukan.

3. Ikut melestarikan Seni Budaya Lokal

Jati diri bangsa yang menjadi keunikan setiap daerah yaitu seni budaya seperti makanan tradisional, musik dan tari.

Anak TK harus bangga dengan seni budaya di daerahnya dan ikut melestarikan seni budaya agar tetap lestari dan merupakan bagian dari jati diri setiap anak dan generasi di daerah tersebut.

4. Bercita - cita Sesuai Impian

Tanpa ada cita cita yang jelas tidak mungkin anak TK yang ingin sekolah, karena ini menjadi bagian motivasi penentu dasar mengambil keputusan maka siswa harus memiliki cita cita yang di mimpikan seperti ingin menjadi perawat atau tenaga pendidik.

Sebagai guru kelas harus menemukan motivasi dasar yang menjadi cita cita siswanya agar dapat membantu siswa dalam menemukan jati diri.

5. Bercerita tentang Suka duka di keluarga

Umumnya jika siswa sedang ada masalah, guru menanyakan apa yang membuat dirinya merasa resah. Keadaan seperti masalah keluarga bisa disampaikan agar guru dapat membantu dengan nasihatnya.

Kegiatan bercerita tentang kehidupan keluarga bisa menjadi ide yang bagus, siswa dapat membagikan cerita suka duka yang dialami keluarganya kepada murid lain agar dapat timbul rasa kepedulian.

6. Membuat kartu identitas dan Tanggal lahir

Kegiatan di TK terkenal dengan kegiatan yang unik, menyenangkan dan banyak menggunakan kreativitas dalam pembelajaran hariannya.

Dengan menggunakan kertas origami siswa dan guru mendampingi siswa untuk membuat kartu identitas dengan tujuan agar mereka bangga dengan identitasnya dan mengingat tanggal kelahirannya dengan baik di kartu indentitas sederhana yang sudah dibuat bersama - sama.

7. Bermain peran sebagai seorang yang Sukses

Kegiatan bermain peran juga membantu siswa menemukan jati diri dengan bermain peran menjadi orang lain, dengan kegiatan ini anak TK dapat menyadari bahwa lebih enak dan mudah menjadi diri sendiri dengan bangga menyukai karakteristiknya masing masing sebagai seorang pelajar.

8. Mengembangkan Hobi terhadap kegiatan tertentu

Kegiatan yang dilakukan di sekolah merupakan kegiatan bermain yang sama dilakukan anak saat mereka bermain di rumah.

Banyak kegiatan menyenangkan yang dilakukan di sekolah, kegiatan yang sering dilakukan bersama guru juga sebagian menjadi hobi kegiatan yang disukai para siswanya.

9. Membuat kolase tentang Keluarga

Kegiatan yang dapat melatih kognitif, motorik halus dan seni yang juga membantu merangsang penemuan jati diri siswa seperti ide kegiatan yang bagus contohnya membuat kolase tapi agar sesuai dengan tujuan penemuan jati diri maka temanya berkaitan dengan keluarga.

Membuat kolase anggota keluarga dan perannya merupakan media yang baik dalam merangsang penemuan jati diri dengan cara yang positif.

10. Membuat kartu Ucapan untuk memotivasi diri sendiri

Kegiatan membuat kartu ucapan sering dilakukan oleh anak TK tujuan merangsang kreativitas dan perkembangan sebanyak mungkin agar tercapai tujuan dari pembelajarannya.

Membuat kartu ucapan yang berisi cita cita dan motivasi diri membantu anak dalam menemukan jati diri, selain itu dapat digunakan untuk penilaian agar

Bagikan melalui media sosial
Atau
Bagikan dengan tautan
Posting Komentar