10 Kegiatan Pramuka Prasiaga Untuk Anak TK

Pramuka Siaga adalah stimulasi pembelajaran dasar pendidikan karakter anak. Pramuka Siaga sendiri merupakan kegiatan pramuka yang diselenggarakan di TK atau PAUD dengan tujuan mengajarkan dasar dasar pelatihan kepramukaan di lingkup anak didik di bawah usia 6 tahun.

Kegiatan Pramuka siaga ini dapat dipilih sebagai kegiatan ekstrakurikuler di taman kanak-kanak tempat anda bekerja.

Kegiatan Pramuka ini sangat bagus dan cocok diselenggarakan di lingkungan taman kanak-kanak sebagai cara mengajarkan pengetahuan bertanggung jawab dan kemandirian bagi anak TK.

Kegiatan Pramuka juga dapat di isi dengan kegiatan observasi flora dan fauna di lingkungan sekitar taman kanak-kanak.

Untuk membantu anda dalam mendapatkan ide kegiatan Pramuka untuk anak TK, sebagai asisten saya sudah menetapkan 10 kegiatan yang cocok dilaksanakan untuk anak TK.

Kegiatan Pramuka dapat meningkatkan rasa kepedulian anak kepada anak dan dapat menjaga kekompakan antar anggota kelompok.

Pramuka merupakan kegiatan tidak wajib di lingkungan TK, tapi boleh dipilih untuk kegiatan ekstrakurikuler. Terdapat banyak kegunaan pada kegiatan Pramuka ini salah satunya mengembangkan pendidikan karakter anak menjadi lebih bagus. Pramuka juga dapat mengembangkan 8 perkembangan anak usia dini seperti nilai agama dan moral, bahasa, sosial emosional, kognitif dan seni.


10 Kegiatan Pramuka untuk Anak TK dan PAUD

Daftar saran dan ide kegiatan positif dalam menyelenggarakan kegiatan Pramuka di TK dan PAUD sebagai berikut.

1. Mendirikan tenda untuk berkemah

Kegiatan Pramuka yang sering dikerjakan oleh anak pramuka adalah mendirikan tenda sebagai tempat tidur dalam kegiatan berkemah.

Tenda yang sudah didirikan di isi dengan peralatan Pramuka dan tempat tidur untuk beberapa anak.

Kegiatan mendirikan tenda memiliki kegunaan untuk melatih anak agar sigap dan memiliki jiwa semangat dalam melaksanakan kegiatan Pramuka di sekolahnya.

2. Membuat api unggun Kecil

Kegiatan ritual pramuka yang bisa dikerjakan oleh anak TK adalah menyusun kayu bakar untuk membuat api unggun. Khusus untuk anak TK pengguna api unggun harus hati hati meliputi besarnya api dan dampak terkena api bagi anak usia dini.

Penggunaan api kecil saja sudah cukup untuk meramaikan kegiatan Pramuka siaga dan bisa sebagai edukasi tentang bahaya api bagi anak TK.

3. Menyanyi lagu dan Mars Pramuka

Di kegiatan Pramuka guru dapat mengajak anak didik untuk menyanyikan sebuah lagu, lagu yang dipilih bisa lagu anak anak boleh bebas boleh tidak terkait dengan lagu Pramuka.

Selain berupa menyanyikan lagu anak anak kegiatan Pramuka juga mendapatkan saran untuk menyanyikan mars Pramuka atau mars sekolah TK masing masing.

Kegiatan menyanyi ini sangat cocok dipilih untuk kegiatan Pramuka anak TK karena sesuai dengan tahap perkembangan anak.

4. Bermain tali Temali

Kegiatan lain terkait pramuka siaga adalah anak didik belajar untuk menggunakan berbagai jenis simpul tali temali.

Penerapan tali temali membutuhkan kemampuan keterampilan tangan dan kognitif agar dapat membuat temali yang kuat dan erat.

Kegiatan ini melatih motorik halus anak dan kognitif dalam mengikat tongkat dengan tali dalam kegiatan Pramuka.

5. Simulasi bertahan hidup di alam

Kegiatan Pramuka siaga mengedepankan simulasi ketika anak TK bertahan hidup di lingkungan alam yang serba kekurangan infrastruktur.

Kegiatan ini dapat mengajak anak didik untuk melakukan kegiatan tradisional untuk mengisi waktu berkemah dengan kegiatan positif dari pada tidur saja.

Bekal ilmu pengetahuan Pramuka dapat bermanfaat bagi anak nanti berguna saat mereka sudah menjadi remaja yang biasanya di SMP terdapat berbagai macam lomba pada acara perayaan pramuka.

6. Belajar menggunakan bendera Semaphore

Salah satu kegiatan pramuka sering menggunakan bendera Semaphore untuk memberikan isyarat isyarat yang berupa kode.

Anak didik diajak untuk menggunakan bendera ini untuk bekal ilmu pengetahuan tentang belajar kode bendera Semaphore di SD dan SMP.

Sebagai guru pembimbing, Anak didik harus diajarkan dengan pelan cara menggunakan bendera Semaphore ini.

7. Simulasi Upacara bendera

Upacara dilaksanakan untuk memulai kegiatan awal Pramuka, di saat ini guru harus memberitahukan kegiatan dan aktivitas yang akan dilaksanakan saat pramuka dimulai.

Kegiatan ini wajib dilakukan agar kegiatan Pramuka terencana dan diatur dengan baik demi mencipta kegiatan pramuka yang baik.

8. Bermain Permainan Tradisional

Pramuka dalam kegiatannya tidak selalu identik dengan tradisi wajib seperti api unggun, yel yel atau lomba - lomba.

Di TK kegiatan pramuka dapat menghabiskan waktu untuk bermain bersama dengan permainan tradisional.

Guru dapat menerapkan kegiatan umum yang sering dilakukan di kelas atau permainan yang sering dilakukan anak saat jam istirahat.

Pengajaran dengan dasar dasar pramuka sudah cukup untuk anak TK, tujuan agar mereka mendapatkan kesan pertama kegiatan Pramuka yang menyenangkan dan rangsangan kepramukaan yang baik bekal saat mereka tumbuh remaja.

9. Tepuk tepuk Pramuka

Kegiatan tepuk tepuk identik dengan anak TK dan guru harus bertugas untuk membuat tepuk tepuk yang bagus untuk mengisi kegiatan pramuka siaga.

Tepuk tepuk dapat digunakan saat anak mulai merasa bosan atau hilang fokus dan setiap murid harus menghafalkan tepuk tepuk yang sudah diajarkan guru setiap ekstrakurikuler pramuka siaga.

10. Membuat yel yel Pramuka

Peserta didik diajak untuk membuat yel yel kelompok dan yel yel ini dapat digunakan untuk menjaga kekompakan setiap kelompok.

Setiap guru harus memimpin setiap kelompok agar mereka tetap merasa tenang ketika dihadapkan dengan tugas membuat yel yel yang harus dikerjakan oleh kelompok.

Kegiatan membuat yel yel dari setiap kelompok dapat dilombakan untuk meramaikan kegiatan Pramuka di sekolah dan pemenang akan mendapatkan hadiah.

Bagikan melalui media sosial
Atau
Bagikan dengan tautan
Posting Komentar