10 Kegiatan Sebelum Masuk Kelas untuk Anak TK

Anak TK diantar oleh orangtua sampai di gerbang sekolah, terdapat berbagai kebiasaan yang sering dilakukan guru dan anak didik saat pagi hari sebelum pembelajarannya harian dimulai.

Dibeberapa sekolah anak didik yang datang disambut oleh guru dan anak TK mencium tangan guru.

Kegiatan tersebut sudah lama di laksanakan sehingga sudah menjadi kebiasaan di sekolah tersebut.

Kegiatan yang sudah menjadi kebiasaan lain yang sering diterapkan di sekolah sebelum masuk kelas terdapat berbagai contoh kegiatan.

Untuk anda yang baru menjadi guru, terdapat lebih dari 5 kegiatan sebelum masuk kelas.

Selengkapnya ada 10 kegiatan yang sering dilakukan oleh guru dan murid saat sebelum masuk ke dalam kelas.

10 Kegiatan yang sudah menjadi kebiasaan ini diambil dari berbagai sekolah TK, jika anda sebagai guru kelas mungkin beberapa bisa anda terapkan di kelas anak didik.

Kegiatan ini mencerminkan pendidikan karakter dan nilai agama pada lingkungan taman kanak-kanak khususnya untuk usia 4-6 tahun.

Logo TK dan aula kelas

10 Kebiasaan dan Kegiatan sebelum masuk kelas anak TK

Berikut daftar kegiatan yang sudah menjadi kebiasaan di TK sebelum masuk kelas :

1. Upacara

Sebelum masuk kelas, di taman kanak-kanak sering mengadakan upacara, terdapat berbagai pesan yang disampaikan oleh guru dan kegiatan selama upacara seperti setelah upacara anak di lanjutkan dengan kegiatan senam atau bisa juga olahraga.

Pada kegiatan upacara sering diumumkan pemberian hadiah kepada murid atau kelas yang berprestasi. Upacara dapat melatih kedisiplinan anak TK dan menambah pengalaman dalam melaksanakan kegiatan upacara yang baik dan benar di sekolah SD nanti saat mereka lulus.

2. Senam

Kegiatan sebelum masuk kelas yang sering dilakukan adalah mengikuti kegiatan senam, kegiatan ini hampir mirip olahraga.

Tujuan dari kegiatan senam adalah pemanasan diri agar anak siap mengikuti pembelajaran di kelas karena terdapat stimulasi pada kesehatan jasmani dan rohani anak.

3. Olahraga

Sebelum pembelajaran di mulai anak TK berkumpul di lapangan untuk melakukan kegiatan olahraga terlebih dahulu agar mereka semangat mengikuti kegiatan pembelajaran di kelas selama mungkin.

Olahraga dapat menstimulasi otak agar dapat belajar dengan baik dan dapat menenangkan perasaan anak saat pembelajaran nanti.

4. Berbaris di depan kelas

Setelah melakukan senam dan olahraga pagi, anak TK diminta masuk kelas tapi sebelum masuk anak TK harus berbaris didepan kelas untuk melakukan kegiatan seperti berdoa, menyanyikan lagu dan menyanyikan yel yel.

Kegiatan berbaris di depan kelas dilakukan untuk menstimulasi otak agar aktif selama mengikuti kegiatan pembelajaran di kelas.

Kegiatan selama berbaris bertujuan untuk memberikan semangat belajar untuk anak dengan kegiatan yang unik dan menyenangkan.

5. Menaruh dan menata sepatu

Selama berbaris dan siap masuk kelas, anak TK secara inisiatif dan mandiri melepas dan menaruh sepatu di rak sepatu serta menatanya secara rapi.

Kegiatan sederhana ini melatih kognitif anak agar dapat mendisiplinkan diri dengan peraturan sekolah dan kebersihan di kelas.

6. Berdoa

Selama berbaris, kebiasaan berdoa sudah menjadi kebiasaan sebelum masuk kelas di beberapa sekolah yang biasanya kegiatan berdoa dilakukan di dalam kelas.

Banyak doa doa harian yang dapat dibaca sebelum masuk kelas, seperti doa sebelum masuk kelas, doa melepas sepatu dan doa semangat belajar.

7. Mencuci Tangan

Kebiasaan selama pandemi covid-19 seperti mencuci tangan menjadi kegiatan yang sering dilakukan oleh anak TK dan Guru.

Kegiatan mencuci tangan dapat melatih cara menjaga kebersihan pada tangan anak, Kebiasaan harus selalu ditanamkan pada setiap generasi baru agar menjadi kegiatan sebelum masuk kelas.

8. Bernyanyi lagu

Selama berbaris di depan kelas, guru dapat mengajak anak untuk menyanyikan lagu dan berikrar. Kegiatan ini bernilai positif untuk kegiatan pemantapan sebelum masuk kelas.

Selain lagu anak, dapat juga menyanyikan lagu berupa permainan yang melatih kognitif dan motorik kasar serta motorik halus anak. Tapi disini guru harus aktif dan inisiatif melakukan kegiatan yang menyenangkan bagi anak.

9. Berikrar

Tetap pada saat baris di depan kelas, anak didik dapat diajak untuk berikrar, ikrar bisa kepada Allah dan nabi Muhammad atau ikrar kebanggaan sekolah.

Ikrar ini memberikan dorongan spiritual kepada anak agar tetap dalam kondisi yang siap mental untuk mengikuti sampai akhir pembelajaran di kelas.

10. Menyanyi yel yel kelas

Setiap kelas selalu mempunyai yel yel, menyanyikan yel yel dapat menjadi cara yang bagus untuk menjaga fokus anak dan tetap dalam kondisi yang nyaman.

Kegiatan menyanyikan dan menirukan yel yel sudah menjadi kebiasaan di berbagai sekolah di taman kanak-kanak baik di kota atau desa sebagai cara kreatif membuat anak senang.

Bagikan melalui media sosial
Atau
Bagikan dengan tautan
Posting Komentar