10 Kegunaan Udara Untuk Pelajaran Anak TK

Anak TK harus mendapatkan pelajaran yang bernilai ilmu pengetahuan sebagai contoh materinya terdapat pada tema air, api dan udara.

Pada tema ini guru harus membuat sub tema yang berkaitan dengan 3 elemen ini, salah satu elemen bisa berupa manfaat udara bagi manusia untuk disampaikan ke bentuk materi pelajaran untuk diajarkan kepada anak TK.

Tidak hanya materi pelajaran saja guru juga harus menyiapkan kegiatan aktif yang menyenangkan selain berupa penyampaian informasi dan materi pelajaran terkait udara.

Ide kegiatan yang bisa guru tugaskan untuk anak TK seperti meniup balon dengan udara dan membuat purwarupa balon dari menggunting dan menempel kertas origami juga merupakan ide kegiatan yang bagus.

Baca juga : 8 Manfaat Meniup balon bagi anak TK

Manfaat udara tidak banyak tapi hanya beberapa penyebutan fungsinya dan sebagai tambahan saya menyebutkan kegunaan udara yang bisa disampaikan kepada anak anak TK.

Untuk membantu guru untuk memperoleh informasi tentang kegunaan udara maka sebagai asisten saya sudah membuatkan daftar manfaat dan kegunaan udara sebagai berikut.

Kegunaan udara

10 Kegunaan Udara Untuk Pelajaran Anak TK

1. Untuk mengisi ban kempes

Kegunaan udara yang sering disebut dalam kehidupan sehari-hari hari yaitu pompa yang berguna untuk mengisi ban yang kempes dengan udara.

Diketahui udara terdiri dari banyak unsur sebagai contoh untuk mengisi ban mobil menggunakan udara berupa unsur hidrogen.

2. Untuk bernapas manusia dan hewan

Udara yang terutama berasal dari persawahan umumnya udara segar, udara juga dimanfaatkan untuk diperjualbelikan untuk pasien yang membutuhkan udara jenis oksigen untuk mengobati penyakit terkait pernapasan.

Kita harus bersyukur kepada Allah dengan udara yang kita hirup merupakan udara gratis yang tidak perlu bayar untuk menghirupnya jika dibandingkan dengan tabung oksigen.

3. Untuk fotosintesis pada daun

Udara dari kendaraan biasanya mengandung karbondioksida yang dibutuhkan untuk tumbuhan untuk bernapas.

Dari pernapasan tumbuhan ini disebut dengan sebutan fotosintesis yang nantinya menghasilkan udara jenis oksigen yang bermanfaat bagi manusia dan hewan untuk bernapas.

Guru harus menyampaikan tentang manfaat memiliki pohon yang penting bagi kita sebagai sumber udara yang bersih dan segar.

4. Untuk menghasilkan angin pada kipas

Udara agar menghasilkan angin maka perlu di gerakkan dengan menggunakan kipas, alat untuk menghasilkan angin dari udara contohnya seperti kipas biasa dan kipas angin.

Guru juga harus menjelaskan bahaya angin bagi kesehatan bila terlalu sering dan lama terkena angin dari alat elektronik.

5. Untuk mengisi balon biasa

Udara berguna untuk mengisi balon biasa sehingga dapat dimanfaatkan untuk acara tertentu seperti ulang tahun dan hiasan serta dekorasi panggung.

Udara dari balon ini mempunyai sifat yang mudah meledak bila ditusuk karena balon di isi dengan udara yang padat sehingga dapat menggembung.

6. Untuk menggerakkan kincir angin

Udara juga bisa bermanfaat untuk menghasilkan energi listrik yang berguna bagi masyarakat terutama bagi masyarakat di Belanda yang mempunyai banyak kincir angin yang besar.

Dari udara yang bergerak ini disebut dengan energi terbarukan yang ramah lingkungan dan aman.

7. Untuk pendinginan udara dari AC

Pemanfaatan udara yang juga berguna bagi manusia hadir berupa alat yang disebut AC. Alat ini mengolah udara yang biasa untuk didinginkan agar dapat menyejukkan suhu di ruangan.

8. Untuk Menerbangkan Layangan

Anak anak didekat persawahan memanfaatkan angin yang besar untuk sarana bermain yang menyenangkan untuk dilakukan. Dari udara yang bergerak ini dapat bermanfaat untuk menerbangkan layang-layang.

Guru juga harus menjelaskan bahaya berada di persawahan bila memainkan layangan saat kondisi hujan.

9. Untuk Menggerakkan awan hujan

Angin juga berguna untuk menggerakkan awan hujan sehingga secara alami berpindah ketempat yang dikehendaki.

Kita harus bersyukur kepada Allah yang mampu menciptakan hujan sehingga bermanfaat bagi para petani yang mengharapkan hujan untuk membasahi perkebunan.

10. Untuk mengeringkan pakaian basah

Selain menggunakan cahaya matahari ternyata mengeringkan baju juga bisa menggunakan udara yang bergerak ini, dengan di angin-anginkan saja pakaian bisa kering juga tapi biasanya membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan mengeringkan menggunakan cahaya matahari.

Bagikan melalui media sosial
Atau
Bagikan dengan tautan
Posting Komentar