10 Manfaat Gotong Royong Bagi Masyarakat

Bagi masyarakat indonesia tidak pernah terlepas dengan kegiatan yang dikerjakan secara bersama sama dan sukarela atas kepedulian sesama warga masyarakat.

Kegiatan gotong royong selalu ada dan di laksanakan di setiap RT dan RW di masyarakat kita, karena gotong royong sudah menjadi budaya kita yang harus selalu dilestarikan.

Gotong royong paling banyak dilaksanakan untuk membantu membersihkan kawasan RT atau RW dan dalam bahasa Jawa di sebut "sambatan". Sambatan ini kegiatan masyarakat yang dikerjakan secara gotong royong untuk membantu warga yang kurang mampu.

Selain itu kegiatan gotong royong banyak dilakukan di desa karena erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari masyarakat desa yang saling peduli satu sama lain.

Kegiatan gotong royong biasa dilakukan dengan kegiatan kebersihan lingkungan rumah seperti saluran air, bongkar rumah, rumput dan sampah.

Gotong royong ini menjadi suatu keharusan bagi masyarakat untuk meningkatkan rasa saling peduli dan membantu satu sama lain demi kesejahteraan bersama.

Pengembangan desa

10 Manfaat Gotong Royong bagi masyarakat

Berikut manfaat gotong royong bagi warga masyarakat yang perlu diketahui:

1. Meningkatkan kebersamaan antar warga masyarakat

Kegiatan gotong royong dapat meningkatkan rasa kebersamaan antar warga masyarakat yang sebelumnya belum ada.

Rasa kebersamaan ini harus selalu dijaga antar warga masyarakat agar masyarakat saling bergantung satu sama lain.

Gotong royong merupakan satu satunya cara meningkatkan rasa kebersamaan masyarakat yang jarang orang ketahui.

2. Meningkatkan solidaritas antar warga masyarakat

Kekuatan solidaritas warga masyarakat bisa diketahui dengan jumlah dan banyaknya warga masyarakat yang ikut dalam kegiatan gotong royong.

Kita dapat mengetahui manfaat dari gotong royong terhadap meningkatkannya solidaritas warga masyarakat.

Solidaritas ini harus tetap dijaga bagi masyarakatnya agar mereka tetap dalam kondisi bersatu yang lebih baik dibandingkan dengan mementingkan diri sendiri.

3. Mengurangi beban kerja seseorang yang bekerja

Dibandingkan dengan seorang diri pekerjaan akan mudah selesai bila dikerjakan secara banyak dan bersama sama.

Maka dari hal itu maka kita harus saling peduli terhadap apa yang terjadi di masyarakat terutama saat salah satu warga tertimpa musibah yang memerlukan bantuan tenaga.

4. Mempercepat penyelesaian pekerjaan karena melibatkan banyak orang

Bila dikerjakan bersama sma maka akan lebih efisien dan cepat selesai dibandingkan dikerjakan seorang diri.

Kegiatan gotong royong ini bertujuan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan dengan hasil yang bagus, tapi tidak boleh mengharapkan imbalan karena ini merupakan kegiatan yang dikerjakan secara sukarela.

5. Menghemat uang karena bekerja secara sukarela

Kegiatan gotong royong juga akan berdampak terhadap sedikit anggaran biaya yang dikeluarkan, karena biaya gotong royong dikerjakan secara gratis.

Tapi walaupun dikerjakan secara sukarela warga perlu diberi suguhan makanan seperti jajan dan kopi agar semangat.

6. Membangun rasa tanggung jawab kepada warga masyarakat

Cara membangun rasa tanggung jawab kepada sesama warga masyarakat bisa dilakukan dengan kegiatan gotong royong.

Dari kegiatan ini rasa tanggung jawab dan kepedulian terhadap lingkungan dan sesama warga masyarakat tetap terjaga dengan baik.

7. Meningkatkan rasa saling memiliki terhadap lingkungan tempat tinggal

Di masyarakat lingkungan dengan fasilitas umum yang penting perlu dijaga perkembangannya. Bagi masyarakat di desa mempunyai rasa saling memiliki yang tinggi sehingga mereka saling peduli dengan fasilitas publik yang tersedia.

Rasa saling memiliki terhadap kawasan rumah sangat bagus nilai sosialnya dibandingkan dengan nilai nilai yang lain.

8. Membantu masyarakat yang membutuhkan

Kegiatan gotong royong bermanfaat untuk membantu warga masyarakat yang membutuhkan terutama di desa, contohnya seperti saat warga masyarakat tertimpa bencana pada rumah maka warga masyarakat bersama sama membantu membersihkan rumah yang rusak untuk diperbaiki.

Kegiatan sambatan ini harus selalu dijaga rasa kepedulian dan kebersamaannya agar antar sesama warga mempunyai jiwa sosial yang tinggi terutama pada kegiatan yang penting.

9. Memupuk nilai-nilai sosial dan kebersihan lingkungan

Gotong royong dapat bermanfaat untuk memupuk nilai nilai sosial di masyarakat yang sudah ada demi kesejahteraan bersama.

Nilai nilai sosial di masyarakat perlu dipupuk dengan kegiatan yang bagus seperti gotong royong ini karena kegiatannya bernilai positif.

Selain mengembangkan nilai nilai sosial kegiatan gotong royong juga bermanfaat untuk menjaga kebersihan lingkungan rumah warga terutama dari banjir dan sampah yang tidak di urus.

10. Menciptakan hubungan baik antar tetangga yang kuat

Hubungan baik antara tetangga bisa terwujud dengan kegiatan yang dikerjakan secara bersama sama, kegiatan gotong royong dapat menciptakan hubungan yang baik warga masyarakat yang tidak akur demi satu tujuan bersama.

Hubungan ini selanjutnya dapat dijaga agar warga masyarakat tetap dalam kondisi yang tentram dan aman khususnya di desa.

Bagikan melalui media sosial
Atau
Bagikan dengan tautan
Posting Komentar