10 Alasan dan Motivasi Menjadi Guru TK

Ada beberapa motivasi yang mendasari seorang mahasiswa PGPAUD ingin memulai karir pertamanya sebagai guru TK.

Tanpa ada motivasi yang mendasari tidak mungkin seorang lulusan S1 Paud ingin bekerja sebagai guru di TK atau PAUD.

Menjadi guru di lingkungan pendidikan anak usia dini banyak tugas yang harus dikerjakan dan berat pada beban kerja, ditambah lagi kurangnya apresiasi terhadap gaji guru TK yang sudah kerja serius tapi gajinya seperti bercanda.

Dari motivasi para fresh graduate tersebut disusun dan disampaikan di artikel ini sebagai contoh motivasi - motivasi bagus yang dapat menjadi inspirasi anda saat interview dan melamar kerja di sekolah TK / RA.

Motivasi berikut ini dapat menjadi alasan yang logis mengapa anda tetap memilih kuliah jurusan PG PAUD atau PIAUD hingga berjuang sampai akhir (lulus).

Dengan bekal materi pelajaran yang lengkap dan magang serta belajar selama 4 tahun dari kuliah dapat menjadi bekal seorang fresh graduate melamar bekerja sebagai guru TK / RA.

Guru TK juga harus mempunyai motivasi yang bagus dan dapat menjadi cara untuk berdiri lagi di saat jatuh karena kelelahan menghadapi beban kerja dan tugas yang berat.

Bagi anda lulusan S1 Paud yang masih fresh graduate bisa juga membaca artikel berikut ini sebagai bekal pengetahuan saat mengikuti tes interview saat melamar di TK.

Baca Juga : 10 Pertanyaan Wawancara Untuk Guru TK

Guru TK mengajar


10 Alasan dan Motivasi menjadi Guru TK

Contoh motivasi yang bagus dan mantap menjadi guru TK sebagai berikut :

1. Menyukai kegiatan kreatif, menyanyi dan tepuk-tepuk

Motivasi dasar seseorang fresh graduate ingin bekerja menjadi pengajar di TK adalah menyukai kegiatan di TK yang banyak melakukan kegiatan seni yang kreatif.

Dalam menjaga kekompakan dan keaktifan kelas guru TK harus bisa bernyanyi dan tepuk tepuk, hal ini membuat mahasiswa sebagai pengamat menjadi termotivasi untuk tetap bercita cita menjadi guru TK / Guru RA.

2. Ingin Mendapatkan pahala yang banyak

Alasan yang menjadi motif para banyak guru RA / TK tetap berbakti mengajar di TK adalah ingin mendapatkan pahala yang besar dari Allah karena sudah mengajarkan dan mendidik anak TK menjadi anak yang cerdas, sholeh dan berbudi pekerti yang tulus.

Hal ini juga menjadi motivasi guru di saat gajinya kecil, tapi imbalan pahala yang banyak dan tetap memilih mengajar di TK dari pada menganggur di rumah.

3. Tertarik dengan gaji guru TK

Perlu untuk diketahui bahwa gaji seorang tenaga pendidik atau guru TK bisa dibilang lumayan tidak kecil dan belum termasuk besar, kira kira gajinya UMR di atas 1 juta per bulan.

Tapi yang membuat gaji tampak kecil karena beban kerja dan tugas sebagai pendidik sangat melelahkan dan banyak mengeluarkan uang pribadi untuk mempersiapkan pembelajaran harian setiap harinya.

Walaupun begitu, peluang kerja lulusan S1 Paud sangat bagus dan bisa dibilang banyak untung karena lebih mudah diterima kerja di TK manapun yang membutuhkan guru lulusan S1 Paud untuk meningkatkan skor akreditasi sekolah.

4. Mempunyai mimpi menjadi pengajar guru TK

Mimpi menjadi guru TK sejak masa SMA membuat seorang lulusan S1 Paud untuk tetap bekerja sebagai guru TK walaupun sudah mengetahui banyak beban kerja dan gaji yang dibilang lumayan kecil.

Karena sudah dicita-citakan tidak bisa membuat impian seorang berhenti di jalan begitu saja.

5. Ingin mendidik anak TK agar menjadi anak Sholeh

Agar mendapatkan pahala yang mengalir secara terus-menerus, guru TK rela bekerja di bawah tekanan dan beban kerja yang tinggi.

Hal ini dilakukan demi mencerdaskan calon anak TK yang sholeh dan berbakti kepada guru serta orangtuanya.

6. Memiliki kelemahan dalam mata pelajaran umum

Bagi lulusan SMA yang mempunyai kelemahan pada banyak mata pelajaran tertentu membuat ia berpikir untuk berkuliah di jurusan yang mudah tapi karier yang bagus.

Maka lulusan SMA banyak memilih untuk berkuliah di jurusan PGPAUD dan menganggap bahwa menjadi guru TK merupakan pekerjaan yang mudah.

7. Menyukai karakteristik dan tingkah laku anak usia dini

Bagi pengamat beberapa pelajar menyukai karakteristik anak usia dini dalam belajar, hingga membuat ia memilih untuk bercita-cita menjadi sebagai guru TK saja karena menyukai cara belajar anak yang suka kegiatan yang seru.

Dari tingkah laku anak ia mendapatkan pengalaman dan perasaan yang enak, terutama saat ia melihat guru TK mengajar anak TK dengan mudah. Anak TK mudah patuh atas perintah guru dengan tingkah lakunya yang lucu.

8. Menyalurkan bakat dan pengalaman sebagai mahasiswa jurusan PAUD

Dari pada menganggur disarankan oleh orangtua untuk berkerja saja sebagai guru TK manapun dan memanfaatkan ijasah lulusan S1 Paud untuk melamar kerja di TK.

Karena sudah mempunyai ilmu pengetahuan dan pengalaman dari kuliah S1 Paud, seseorang fresh graduate tetap yakin untuk berkarier di tempat kerja yang linier dengan pengalaman dan ilmu pengetahuannya.

9. Menyukai sistem penilaian, pembelajaran dan mata pelajaran di TK

Karena sudah pernah magang di TK dan mengetahui banyak hal tentang pembelajaran di TK, seorang fresh graduate bisa saja ikhtiar memilih bekerja di TK karena sistem pembelajaran dan penilaian sekolah TK yang berbeda dengan jenjang sekolah lain seperti SD, SMP atau SMA.

Serta mata pelajaran di TK berbeda juga, karena di TK tidak ada mata pelajaran adanya hanya tema dan subtema yang berorientasi pada 8 aspek perkembangan anak usia dini.

10. Menyukai tantangan dan peluang kerja menjanjikan

Menjadi guru TK banyak tantangan dan bekerja di luar zona nyaman karena banyaknya beban kerja dan tugas yang menanti walaupun sudah pulang mengajar.

Tapi walaupun begitu, peluang kerja bagi lulusan S1 Paud sangat cerah dibandingkan dengan lulusan SMA dan selalu banyak perekrutan guru TK dengan kriteria lulusan S1 Paud atau S1 Psikologi Pendidikan.

Bagikan melalui media sosial
Atau
Bagikan dengan tautan
Posting Komentar