10 Tanaman Obat untuk Pembelajaran Anak TK

Tanaman obat merupakan tanaman yang ditanam untuk tujuan pengobatan dan penyembuhan dari berbagai masalah kesehatan dan menyehatkan badan.

Tanaman obat termasuk dalam tanaman yang herbal ditanam untuk kebutuhan sehari hari masyarakat kita.

Pada tema tanaman dan sub tema tanaman obat, anak didik mengisi kegiatan pembelajaran dengan aktivitas yang menyenangkan yang bermanfaat bagi perkembangan anak.

Baca juga : 10 kegiatan tema tanaman obat untuk anak TK

Di TK anak anak di ajarkan tentang berbagai jenis tanaman obat yang bermanfaat dan berguna untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan yang ringan seperti batuk, pilek dan sakit perut.

Tanaman obat merupakan tanaman yang bermanfaat dan berguna dalam berbagai proses untuk menghasilkan makanan dan minuman yang sehat.

Guru wajib mengenal tanaman obat yang mudah dijumpai di sekitar rumah dan bisa di beli di pasar tradisional sebagai sarana penambah wawasan.

Penyampaian materi sub tema tanaman obat harus disampaikan dengan baik dan di sesuaikan dengan kondisi anak didik apakah mampu belajar dengan baik.

Tidak sulit mengenalkan tanaman obat ke anak anak guru hanya perlu mengenalkan nama tanaman obat dan khasiat yang terkandung dalamnya sehingga siswa akan mengerti.

Sebagai tambahan lagi guru juga bisa membawa berbagai jenis tanaman obat ke sekolah sebagai ilmu pengetahuan bagi siswa.

Dengan melihat langsung bentuk dan rupa tanaman obat siswa akan dengan mudah mengenali nama tanaman obat tersebut.

Tanaman obat

10 Tanaman Obat untuk Pembelajaran Anak TK

1. Kunyit

Kunyit digunakan sebagai obat tradisional yang bernama jamu, kunyit mempunyai banyak manfaat salah satunya sebagai pewarna makanan yang alami.

Jamu kunyit memberikan manfaat antara lain mengobati penyakit lambung dan sakit perut. Selain itu kunyit juga digunakan sebagai bumbu masakan khas Indonesia yang nikmat.

2. Jahe

Tanaman obat ini berguna untuk menghangatkan tubuh dan digunakan sebagai tambahan untuk minuman seperti kopi, susu dan teh.

Jahe mempunyai banyak kegunaan antara lain sebagai bumbu masakan, meningkatkan sirkulasi darah dan menyehatkan bagi jantung.

Bukan hanya itu saja, jahe bermanfaat untuk mengurangi masalah pencernaan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

3. Serai

Serai merupakan tanaman obat yang dimanfaatkan untuk bumbu masakan dan kuliner khas Indonesia.

Serai mempunyai banyak manfaat yang tidak banyak diketahui antara lain menjaga kesehatan mulut dan mengurangi nyeri akibat peradangan pada otot.

4. Sirih

Sirih dimanfaatkan pada daunnya dan digunakan untuk berbagai keperluan yang penting seperti mengatasi masalah pada mulut dan gigi.

Serta berguna untuk menghentikan pendarahan seperti mimisan dan mengatasi masalah keputihan pada wanita.

5. Pandan

Pandan merupakan jenis tanaman obat yang memberikan banyak kegunaan yang tidak banyak diketahui antara lain pewarna makanan alami dan bumbu masakan.

Pandan bermanfaat untuk pewarnaan makanan, bumbu masakan dan minuman tradisional. Selain itu khasiat yang terkandung didalam antara lain meningkatkan pencernaan, mengurangi stres dan mengontrol tekanan darah.

6. Mengkudu

Mengkudu merupakan nama buah yang mempunyai rasa pahit asam, walaupun rasanya tidak enak buah ini digunakan sebagai obat dan jamu yang mempunyai banyak khasiat.

Khasiat buah mengkudu antara lain meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sumber antioksidan, meningkatkan kesehatan pencernaan dan menjaga kesehatan jantung.

7. Lidah buaya

Tanaman obat yang bermanfaat bagi kita yang perlu diketahui anak TK adalah tanaman lidah buaya yang bermanfaat untuk mengobati luka bakar dan pelembut rambut.

Lidah buaya berguna untuk manusia mulai dari penyubur rambut dan penghilang panas akibat luka bakar.

8. Kencur

Kencur merupakan tanaman obat yang ada di Asia tenggara yang dimanfaatkan oleh masyarakat kita untuk jamu tradisional yang mempunyai banyak khasiat bagi tubuh.

Banyak gejala penyakit pencernaan dapat sembuh dengan meminum jamu olahan kencur, salah satu manfaat yang diperoleh dapat menyembuhkan perut kembung dan diare.

Selain itu kencur juga membantu meredakan batuk dan pilek, serta meningkatkan stamina dan vitalitas pria. Manfaat lain juga dapat mengurangi nyeri sendi dan otot akibat kecapekan bekerja.

9. Kemangi

Tanaman yang berguna untuk kuliner yang sering ada pada lalapan adalah daun kemangi. Kemangi merupakan tanaman yang dimanfaatkan untuk aroma pada sambal.

Daun kemangi mempunyai manfaat yang berguna untuk kesehatan seperti mempunyai antioksidan dan antibakteri yang bermanfaat untuk pencernaan kita.

10. Jeruk nipis

Jeruk nipis merupakan tanaman yang berguna buahnya dan digunakan sebagai obat batuk, jeruk nipis merupakan tanaman yang bermanfaat.

Tanaman ini harus ditanam di kebun rumah agar daun dan buahnya dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kesehatan dan menyembuhkan sakit batuk.

Tanaman obat ini berguna untuk makanan dan bisa digunakan sebagai tambahan obat tradisional alias jamu yang merupakan minuman khas Indonesia.

Bagikan melalui media sosial
Atau
Bagikan dengan tautan
Posting Komentar