Giofanny Sabekti Halo saya bekerja sebagai seorang content writer, selain itu saya lulusan S1 Pendidikan Islam Anak usia dini di IAIN Ponorogo.
                                               

6 Jenis Iklan Adsense yang Harus Anda Ketahui

1 min read

jenis iklan adsense

Adsense merupakan program periklanan milik google yang menampung para blogger untuk saling bekerja sama dalam menampilkan iklan.

Pada saat pemilik situs menampilkan iklan adsense maka akan mendapatkan sejumlah pemasukan penghasilan dari kegiatan menampilkan iklan.

Sungguh beruntung jika anda sudah mempunyai akun adsense yang sudah disetujui untuk menampilkan iklan.

Perlu untuk diketahui bahwa penghasilan yang didapatkan dari adsense untuk blog Indonesia sangat kecil terutama niche pendidikan.

Saya sendiri menggunakan niche pendidikan sebagai pengisi blog untuk memperoleh penghasilan walaupun penghasilan hanya 300 rupiah per hari.

Informasi terkait jenis iklan adsense ini berguna untuk anda yang belum mengaktifkan akun adsense.

Informasi ini bisa digunakan untuk referensi yang berguna untuk sarana penambah wawasan terkait adsense.

Total ada 6 nama dan jenis iklan adsense yang harus anda ketahui dan mempunyai fungsi yang berbeda beda.

Untuk membantu anda dalam mempelajari tentang iklan adsense, sebagai asisten saya akan membahas keseluruhan jenis iklan adsense.

6 Jenis iklan adsense pada blog dan Website

1. Auto ads / Iklan otomatis

Auto ads merupakan jenis iklan adsense yang memungkinkan pengguna bisa menampilkan iklan tanpa harus menambah kode unit adsense.

Hanya dengan mengaktifkan dengan 1 kali sentuhan iklan akan otomatis tayang pada website, auto ads menampilkan iklan jenis display ads, in-feed ads, in – article ads dan Multiplex ads.

Secara umum auto ads memiliki keunggulan dibandingkan memasang kode manual untuk masing masing tempat pada website.

2. Display ads / Iklan display

Display ads merupakan jenis iklan berbentuk persegi yang bisa ditempatkan dimana saja di sebuah website.

Jenis iklan Display ads bisa ditampilkan di bawah header, footer dan sidebar. Iklan jenis ini bisa mengundang banyak klik karena lokasi penempatan, ukuran dan bentuk yang menarik.

3. In-feed ads / Iklan dalam feed

Jenis iklan yang bernama in-feed ads merupakan jenis iklan yang bisa secara otomatis menempatkan iklan diantara kartu postingan. Iklan ini akan otomatis tampil di homepage di antara 2 kartu postingan blog.

Iklan ini akan mendapatkan lebih banyak klik dibandingkan iklan jenis lainnya, tapi kelemahannya sangat jarang pengunjung web yang langsung datang ke homepage dengan tujuan yang jelas.

4. In-article ads / Iklan dalam artikel

Jenis iklan yang bernama in-article ads merupakan jenis iklan adsense yang memungkinkan unit iklan tampil di dalam artikel konten.

Jenis iklan ini disisipkan di dalam dan diantara artikel postingan secara manual, fungsinya diperuntukkan untuk bagian dalam artikel konten agar lebih interaktif dengan pembaca konten artikel.

Jenis iklan ini lebih banyak mendapatkan klik dan lebih tepat sasaran karena pengunjung akan datang melalui mesin penelusuran seperti google search.

5. Multiplex ads / Iklan multipleks

Jenis iklan yang bernama Multiplex ads merupakan jenis iklan adsense yang menampilkan iklan berbentuk daftar list dan grid yang memuat iklan yang mengarah ke website pengiklan disertai gambar yang menarik.

Iklan ini berjenis native ads yang bisa menampilkan iklan yang mengarah ke postingan web pengiklan. Jenis iklan native ads ini mempunyai keunggulan yaitu bisa ditampilkan dibawah postingan.

Iklan multiplex merupakan jenis iklan yang berbentuk mirip dengan related posts yang bisa menarik minat berkunjung pembaca konten artikel.

6. Custom search engine ads

Jenis iklan adsense yang terakhir sering disebut CSE, iklan jenis ini menggunakan cara kerja google penelusuran untuk menampilkan iklan di hasil penelusuran bila pengunjung melakukan aktivitas pencarian di fitur ini.

Blogger akan mendapatkan pendapatan dari memasang CSE di dalam website untuk tujuan membantu penelusuran pengguna situs anda dalam mencari postingan yang diinginkan dan dicari.

Giofanny Sabekti
Giofanny Sabekti Halo saya bekerja sebagai seorang content writer, selain itu saya lulusan S1 Pendidikan Islam Anak usia dini di IAIN Ponorogo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *