6 Manfaat Ice Breaking untuk Anak TK

Ice breaking Anak TK

Kegiatan pembelajaran anak TK cukup padat berisi berbagai macam kegiatan yang berguna untuk menambah wawasan dan pengetahuan anak TK.

Pembelajaran bertema merupakan pembelajaran yang di desain untuk mengoptimalkan sistem pembelajaran di paud agar lebih efektif.

Tema pada pembelajaran paud cukup banyak dengan berbagai macam sub tema yang menambah wawasan dalam belajar anak TK.

Dari berbagai macam tema dan sub tema tersebut digunakan untuk kegiatan pembelajaran yang efektif.

Diantara padatnya kegiatan belajar anak TK harus terdapat sela yang digunakan untuk waktu bermain dan istirahat. Istirahat di sela waktu kegiatan pembelajaran bisa di isi dengan kegiatan ice breaking.

Kegiatan ice breaking merupakan kegiatan yang bertujuan untuk memecah kebekuan dalam pembelajaran demi terciptanya pembelajaran yang efektif dan menyenangkan.

Banyak kegiatan ice breaking yang bisa dilakukan dalam pembelajaran anak TK contohnya seperti menyanyi, tepuk tepuk dan game. Kegiatan ice breaking memberikan banyak manfaat bagi terciptanya suasana belajar yang seru dan menyenangkan.

Ice breaking memberikan suasana belajar yang baru lagi setelah pemberian materi pelajaran yang padat dan melelahkan dari guru.

Kegiatan ice breaking tidak hanya terdapat di sekolah TK saja tapi di SD, SMP, SMA sampai perguruan tinggi juga menerapkan kegiatan ice breaking karena memberikan banyak manfaat bagi terciptanya pembelajaran yang efektif.

6 Manfaat Ice breaking untuk pembelajaran anak TK


Berikut manfaat yang didapatkan dalam menerapkan kegiatan ice breaking di sela waktu belajar bagi anak TK :

1. Mencairkan suasana kegiatan pembelajaran


Manfaat yang menjadi tujuan diadakannya kegiatan ice breaking bertujuan untuk mencairkan suasana kegiatan pembelajaran yang beku seperti ice menjadi mencair.

Dalam ice breaking mencairkan suasana dapat memberikan suasana baru yang menyenangkan saat di kita mengisi sela waktu belajar dengan menyanyi dan game yang mengasah otak.

Suasana belajar yang tadinya suram menjadi lebih berwarna dan menyenangkan dengan cara guru memberikan stimulasi ice breaking.

2. Bentuk refreshing di sela pembelajaran


Ice breaking memberikan penyegaran dalam kegiatan pembelajaran dengan memanfaatkan beberapa menit waktu belajar dengan kegiatan tepuk tepuk atau game.

Penyegaran suasana belajar bertujuan untuk menciptakan kembali suasana belajar yang baru, suasana baru memberikan kesan pembelajaran yang baru.

3. Meningkatkan suasana belajar


Setelah melakukan permainan ice breaking maka akan meningkat suasana belajar yang seru dan menarik bagi para siswa.

Ice breaking memberikan peningkatan kualitas pendidikan menjadi lebih segar dengan kegiatan sederhana yang merangsang perkembangan kognitif, sosial emosional dan fisik motorik.

Suasana belajar menjadi bagian penting dalam terciptanya pembelajaran yang tenang dan aktif bagi seluruh siswa di dalam kelas.

4. Meningkatkan semangat belajar


Tujuan yang menjadi dasar landasan ice breaking memberikan semangat belajar yang lebih giat lagi dibandingkan sebelum melaksanakan ice breaking.

Semangat belajar menjadi motivasi siswa untuk bisa menekuni tugas mereka sebagai seorang pelajar yang unggul dan berintegritas.

Semangat tidak terlepaskan dari kegiatan pembelajaran yang membuat hasil belajar siswa menjadi lebih tinggi dibandingkan sebelumnya maka rangsangan ice breaking bertujuan untuk meningkatkan rasa semangat dan percaya diri siswa.

5. Mengembangkan sosial emosional anak TK


Serunya kegiatan ice breaking dapat merangsang perkembangan sosial dan emosional anak usia dini menjadi lebih baik.

Ice breaking memberikan keterikatan sosial antara teman sebaya dan guru agar lebih menjaga kebersamaan dan kekompakan dalam kelas.

Dengan ice breaking perkembangan emosional anak juga akan berkembang dengan pesat ke arah yang positif karena dengan ice breaking emosional anak menjadi lebih bergejolak sehingga memunculkan rasa gairah dan semangat.

6. Menambah keceriaan dalam belajar


Selain dapat meningkatkan semangat dan emosional anak kegiatan ice breaking juga memberikan manfaat untuk menambah keceriaan dalam belajar terutama untuk anak TK yang masih suka hal yang berkaitan dengan keaktifan dan lelucon.

Keceriaan dalam belajar menjadi faktor yang penting dalam pembelajaran karena akan berpengaruh terhadap hasil belajar anak.

Keceriaan harus ada dalam kegiatan ice breaking karena tujuannya untuk menarik minat untuk ikut meneruskan kegiatan belajar di kelas.
Bagikan melalui media sosial
Atau
Bagikan dengan tautan
Posting Komentar