LKA gratis

6 Sumber Air untuk Pembelajaran Anak TK

Pembelajaran anak TK berkaitan dengan tema yang harus digunakan oleh guru karena berkaitan dengan kurikulum 2013 dan kurmer.

Karena berbasis tema maka pembelajaran harus di isi dengan materi dan kegiatan yang sesuai dengan tema tersebut.

Salah satu tema paud yang ada dalam kurikulum terkait dengan tema air, api dan udara.

Tema air merupakan tema yang berasal dari tema air, api dan udara yang materi dan kegiatan berkaitan dengan materi air dan gambar air.

Pembelajaran tema air akan lebih efektif bila guru menambah dengan kegiatan eksperimen yang menggunakan air sebagai bahan percobaan.

Pada tema air, api dan udara terdapat sub tema yang berkaitan dengan sumber air, sumber air merupakan materi yang umum yang harus disampaikan secara lisan kepada anak TK.

Penyampaian materi sumber air diharapkan bisa menambah wawasan dan pengetahuan anak TK serta sebagai rangsangan belajar untuk jenjang pendidikan selanjutnya.

Untuk membantu guru dalam mempelajari tentang sumber air yang berasal dari mana saja, sebagai asisten saya akan membahas asal usul sumber air yang digunakan dan dimanfaatkan sehari hari.

Air hujan

6 Sumber air untuk pelajaran anak TK

1. Air hujan

Air hujan merupakan air yang berasal dari langit melalui siklus air hujan yang menguap dan terkumpul di awan kemudian jatuh ke tanah.

Air hujan merupakan air yang bersih dan murni dan bisa digunakan untuk mandi serta digunakan untuk minum.

Air hujan merupakan air berkah yang berasal dari langit dan tercipta dari kekuasaan Allah sebagai pencipta yang sempurna.

2. Air sumur

Air sumur merupakan air yang berasal dari tanah yang sering digunakan sehari hari untuk mandi dan minum. Selain itu air sumur dimanfaatkan petani untuk mengairi sawah.

Air sumur merupakan sumber air yang berasal dari buatan manusia dengan cara digali dan dibor. Air sumur merupakan air bersih yang mudah dibuat sekarang ini.

3. Mata air

Mata air merupakan sumber air yang bersih yang berasal dari gunung. Mata air merupakan air yang bisa dikonsumsi dan digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Mata air merupakan air asli yang bersumber dari sumur alami yang terbentuk dari sela sela bebatuan.

4. Air laut

Air laut merupakan air yang berasal dari lautan yang sudah lama ada sejak lama, air laut merupakan air yang berasa asin dan tidak cocok untuk diminum.

Air laut dimanfaatkan oleh nelayan untuk mencari ikan dan cara agar bisa berlayar menuju berbagai tempat.

5. Air sungai

Air sungai merupakan air yang berasal dari hulu yang mengalir melalui sungai hingga tertampung di waduk atau bendungan.

Air sungai merupakan sumber air yang sudah tercemar dan kotor akibat limbah rumah tangga.

Air sungai dimanfaatkan oleh petani untuk mengairi persawahan dan perkebunan agar bisa tumbuh tinggi.

6. Air salju

Air salju merupakan air yang berasal dari salju yang mencair, air salju atau air es merupakan air yang bersih dan jernih yang berasal dari langit.

Salju tidak dapat ditemukan di negara kita, salju dan air es hanya terdapat di negara sub tropis dan eropa serta kutub.

Bagikan melalui media sosial
Atau
Bagikan dengan tautan
Posting Komentar