LKA gratis

6 Tugas Anggota Keluarga Untuk Anak TK

Pembelajaran anak TK menggunakan tema sebagai kegiatan pembelajaran, pembelajaran bertema bertujuan untuk mempermudah aktivitas belajar setiap harinya.

Pembelajaran di TK dan Paud sangat menyenangkan dan kegiatan yang dikerjakan selalu bermakna dan seru untuk dikerjakan.

Pembelajaran tema keluarga ku, diriku atau diri sendiri merupakan tema yang terdapat pada kurikulum paud 2013 yang menekankan pada aspek pengenalan jati diri kepada anak TK supaya bisa mengakui keberadaannya.

Tema keluarga ku dan diri ku merupakan tema yang didalamnya terdapat sub tema yang terkait dengan jati diri, contoh identitas, nama ayah, nama ibu dan alamat rumah.

Selain itu terdapat sub tema anggota keluarga pada tema keluarga ku yang menekankan pada kepribadian, peran dan tugas anggota keluarga.

Peran dan tugas anggota keluarga secara umum berbeda beda dan dibedakan berdasarkan profesi yang harus dikerjakan saat di rumah dan tempat kerja.

Jumlah anggota keluarga terdapat 2 jenis keluarga kecil dan keluarga besar, 2 jenis keluarga mempunyai jumlah anggota yang berbeda.

Keluarga kecil merupakan keluarga yang bertempat tinggal di rumah sendiri dengan hanya terdiri dari 1 keluarga yang meliputi ayah, ibu dan anak.

Sedangkan keluarga besar merupakan 1 keluarga yang bertempat tinggal bersama kakek dan nenek serta terdapat saudara dari ayah ataupun ibu.

Jumlah anggota keluarga besar bisa lebih dari 5 orang yang terdiri dari ayah, ibu, anak, kakek, nenek dan paman.

Dari masing masing anggota keluarga kecil dan anggota keluarga besar mempunyai tugas yang berbeda beda yang harus bisa diketahui oleh anak TK.

Guru merupakan pengajar yang memberikan materi pembelajaran di kelas untuk anak TK, guru berperan menyampaikan materi pelajaran yang sesuai dengan tema.

Materi peran dan tugas anggota keluarga harus disampaikan oleh guru kepada anak TK agar siswa memperoleh pengetahuan dan pengalaman pendidikan yang lengkap di taman kanak-kanak.

Untuk membantu guru dalam belajar tugas dan peran anggota keluarga, sebagai asisten saya akan menjelaskan tugas dari masing masing anggota keluarga secara lengkap.

Foto keluarga besar

6 Peran dan tugas anggota keluarga di rumah

Tugas anggota keluarga terdiri dari :

1. Tugas Ayah

Ayah merupakan kepala keluarga dari keluarga kecil yang menjadi pemimpin di keluarga.

Ayah mempunyai tugas untuk bekerja dan harus menafkahi keluarga dengan nafkah yang cukup.

Ayah mempunyai tugas untuk membantu ibu merawat anak dan merawat kakek dan nenek agar mereka tetap sehat.

Selain itu ayah memberikan pendidikan dan pengasuh kepada anak agar berkembang pertumbuhan dan berkembang mental serta spiritualnya.

2. Tugas Ibu

Ibu merupakan orang yang bertanggung jawab di rumah ketika ayah tidak ada dan sedang bekerja.

Ibu memiliki tugas untuk merawat anak dan kakek serta nenek. Selain itu ibu juga bertugas untuk memasak makanan setiap hari.

Tugas lain ibu mengurusi kegiatan rumah tangga yang banyak seperti bersih bersih rumah, mencuci baju dan piring serta menjaga kakek dan nenek.

Selain itu tugas ibu mengantar anak pergi ke sekolah dan menjemput anak ketika pulang sekolah.

3. Tugas Anak

Anak mempunyai tanggung jawab yang harus dikerjakan ketika di rumah, tugas anak membantu ibu, belajar dan bermain.

Tugas anak tidak begitu berat dibandingkan tugas ayah dan ibu selama bekerja. Tugas wajib anak harus masuk sekolah setiap hari.

4. Tugas Kakek

Kakek merupakan bapak dari ayah atau ibu yang mempunyai tugas sendiri tergantung kesanggupan dan kemampuannya.

Tugas kakek bisa membantu ayah bekerja dan aktivitas sehari hari di rumah seperti merawat kebun dan olahraga.

5. Tugas Nenek

Nenek juga mempunyai tugas yang hampir sama dengan ibu tapi tergantung dengan kemampuan dan kesanggupan yang dimiliki.

Tugas nenek membantu ibu memasak, membersihkan rumah dan merawat kebun. Peran nenek menyayangi cucu dan membantu merawatnya.

6. Tugas Paman

Paman merupakan anggota keluarga yang mempunyai tugas yang sama dengan ayah, tugas paman ikut bekerja memenuhi kebutuhan keluarga agar dapat hidup sejahtera.

Paman pasti juga memiliki keluarga dan paman mempunyai tugas yang sama seperti ayah.

Bagikan melalui media sosial
Atau
Bagikan dengan tautan
Posting Komentar