LKA gratis

8 Cara Merawat Anggota Tubuh bagi Anak TK & SD

Pembelajaran anak TK dan kelas 1 SD sangat menyenangkan dan terdapat kegiatan pembelajaran yang seru dan bermakna.

Materi pembelajaran anak TK pada tema diriku sangat bagus dan materi pembelajaran berkaitan dengan anggota tubuh.

Guru menyampaikan materi tema diriku harus disampaikan secara singkat dan sederhana agar anak didik paham dan makin mengerti.

Materi sub tema tubuhku sangat berguna untuk menambah wawasan dan pengetahuan anak TK terutama soal menjaga kebersihan badan.

Dengan cara merawat yang benar akan membuat tubuh menjadi bersih dan sehat, selain itu juga bisa membuat tubuh menjadi kuat terhadap penyakit.

Cara merawat anggota tubuh termasuk dalam sub tema tubuhku yang materi pembelajaran guru harus menyampaikan informasi tips dan cara memelihara beberapa bagian pada tubuh.

Bagi guru yang kekurangan informasi terkait cara merawat anggota tubuh untuk materi belajar anak TK dan kelas 1 SD maka sebagai asisten saya akan memberikan bagian tubuh yang perlu dirawat dengan baik dan caranya.

Merawat rambut

8 Cara merawat anggota tubuh anak TK dan SD

1. Merawat rambut

Menjaga kebersihan rambut merupakan suatu kewajiban yang harus dilakukan agar rambut menjadi sehat, kuat dan bersih.

Cara merawat rambut yang bisa dilakukan oleh anak TK dikerjakan dengan mencuci rambut menggunakan shampo.

Selain itu rambut perlu di cukur yang rapi agar terlihat terawat dan diperhatikan pertumbuhannya.

Rambut juga perlu disisir agar terlihat rapi dan keren serta membuat rambut menjadi lurus sehingga tampak sehat.

2. Merawat wajah

Merawat wajah bisa dilakukan oleh semua orang terutama orang dewasa, cara terbaik merawat wajah yang baik dilakukan dengan mencuci wajah dengan sabun khusus wajah dan skin care.

Wajah merupakan bagian tubuh yang sangat sensitif terhadap serangan penyakit seperti jerawat dan memerah, selain itu wajah merupakan bagian tubuh yang selalu diperhatikan maka kita perlu merawatnya dengan baik.

3. Merawat Gigi

Gigi merupakan bagian tubuh yang penting digunakan untuk mengunyah makanan jika gigi tidak diperhatikan kebersihannya maka bisa membuat gigi menjadi berlubang.

Merawat gigi bisa dilakukan dengan menggosok gigi secara teratur 2 kali sehari, selain itu agar gigi awet juga harus menghindari makanan yang manis seperti permen.

4. Merawat telinga

Telinga merupakan anggota tubuh yang digunakan untuk mendengar, telinga perlu dirawat dengan cara rutin dibersihkan dari kotoran telinga dan rajin cek kesehatan telinga ke dokter spesialis THT.

Merawat telinga yang bisa dilakukan dengan menghindari mendengarkan lagu yang keras karena berbahaya bagi gendang telinga.

5. Merawat kuku

Kesehatan kuku juga perlu diperhatikan dan dirawat dengan baik dengan cara memotong kuku dengan rapi menggunakan pemotong kuku yang bersih.

Memotong kuku bisa membuat kuku menjadi rapi dan terlihat bersih terawat, jika tidak memotong kuku dengan rajin maka akan membuat kotoran terperangkap disela kuku.

Kotoran kuku jika termakan saat makan bisa membuat perut menjadi sakit dan mudah terkena cacing parasit.

6. Merawat tangan

Tangan digunakan untuk makan dan mengangkat benda benda, tangan harus dirawat yang baik dengan cara mencuci tangan menggunakan sabun dan juga menggunakan handbody agar kulit tangan menjadi halus dan lembab.

Tangan perlu dirawat agar tidak mudah terbakar terik matahari dan juga harus digunakan dengan hati hati agar tidak terkilir.

7. Merawat badan

Badan merupakan bagian tubuh yang penting, badan berfungsi untuk melindungi bagian organ dalam tubuh seperti organ pencernaan dan organ pernapasan.

Dengan merawat badan akan membuat kulit badan terhindar dari jamur dan penyakit, cara merawat badan yang bisa dilakukan dengan kegiatan mandi menggunakan sabun.

Dengan mandi secara teratur membuat kulit badan menjadi sehat, bersih dan terhindar dari panu dan jamur kulit.

8. Merawat mata

Mata merupakan bagian tubuh yang digunakan untuk melihat, mata perlu dilindungi dan dijaga agar tidak rusak serta tetap sehat.

Cara merawat mata dengan beberapa tips berikut : tidak membaca ditempat yang kurang pencahayaan, tidak menonton TV terlalu dekat dan banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A seperti wortel dan sayuran.

Bagikan melalui media sosial
Atau
Bagikan dengan tautan
Posting Komentar