8 Manfaat Cooking Class untuk Anak TK

Cooking class anak tk

Kegiatan anak TK di sekolah cukup padat yang membuat siswa menjadi kewalahan dengan banyaknya kegiatan.

Program kegiatan di sekolah TK sangat banyak dan sebagian tidak ditemukan di sekolah TK lain yang menjadi keunggulan sekolah tersebut.

Kegiatan cooking class merupakan kegiatan mengolah makanan dan menyajikan makanan dengan harapan hasil yang bagus dan memuaskan.

Cooking class merupakan kegiatan wajib bagi sebagian sekolah TK karena dapat memberikan banyak manfaat bagi perkembangan anak kedepannya.

Aspek perkembangan anak akan banyak berkembang dengan baik ketika mereka diberikan tugas khusus seperti pada kegiatan cooking class ini.

Kelas memasak merupakan kegiatan seru dan menyenangkan yang memberikan banyak kesan yang positif bagi anak TK.

8 Manfaat cooking class untuk kegiatan anak TK


1. Melatih jiwa wirausahawan


Ketika memasak dalam kegiatan cooking class secara tidak langsung jiwa wirausahawan anak menjadi terangsang dengan baik.

Jiwa wirausahawan merupakan jiwa dalam berwirausaha berjualan dan mengolah makanan untuk mendapatkan keuntungan ketika berhasil menjual produk sajian makanan.

Cooking class mengajarkan anak TK untuk bisa mampu berwirausaha secara mandiri dan tim demi perkembangan aspek sosial.

2. Melatih kemampuan kognitif


Pada cooking class anak akan dapat melatih banyak nilai moral dan juga berpengaruh terhadap aspek kognitif anak.

Cooking class memberikan progres perkembangan terhadap kemampuan kognitif anak terutama berkaitan dengan mental.

Dalam memasak membutuhkan banyak aktivitas kognitif yang berkaitan dengan otak dan mental, maka rangsangan kegiatan tersebut dapat memberikan manfaat terhadap perkembangan kognitif anak.

3. Melatih kemampuan motorik halus


Kegiatan cooking class dapat memberikan rangsangan pada progres aspek perkembangan anak terutama pada aspek motorik halus, motorik halus berkaitan dengan gerakan pada otot tangan.

Cooking class merangsang otot tangan atau motorik halus untuk berkembang lebih pesat ketika mereka memotong bahan makanan, mengolah dan menghias makanan.

Motorik halus menjadi aspek yang paling menonjol terlihat ketika anak melakukan aktivitas cooking class, hal ini memberikan dampak yang bagus terhadap perkembangan anak.

4. Melatih kehati-hatian dalam memasak


Ketika memasak tidak hanya kesabaran dan kerja sama saja tapi juga dapat melatih kehati hatian dalam kegiatan mengolah makanan seperti menggunakan benda tajam, kehati-hatian terhadap penggunaan api dan kehati hatian menyajikan masakan.

Belajar kehati hatian perlu dilatih kepada anak TK agar mereka dapat mengantisipasi munculnya masalah yang besar ketika mengerjakan suatu tugas dan kegiatan.

5. Melatih kesabaran dalam memasak


Dalam kegiatan cooking class anak TK tidak hanya menunjukkan kemampuan dalam mengolah makanan saja tapi juga mengajarkan pendidikan moral yang berkaitan dengan kesabaran dalam kegiatan mengolah makanan.

Kesabaran merupakan bagian yang sering terlihat di berbagai kegiatan pembelajaran anak TK, khusus pada kegiatan cooking class ini.

Kesabaran akan terlihat ketika mengolah makanan, memotong, memasak, menunggu matang dan ketika menyajikan makanan. ditambahkan lagi dengan halangan dan gangguan ketika memasak membuat kegiatan cooking class harus di uji dengan kesabaran.

6. Bekal pengetahuan dan pengalaman dalam memasak


Kegiatan cooking class mengajarkan anak TK tentang rasa bekerja sama dalam menyelesaikan tugas kegiatan yang berkaitan dengan kegiatan mengolah bahan makanan.

Dari pengalaman mengolah bahan makanan anak TK mempunyai pengalaman dalam membuat makanan yang enak buatan dan kreasi sendiri.

Pengetahuan dalam mengolah makanan dapat berguna untuk bekal kemampuan anak dalam membuat makanan di rumah ketika membantu ibu di rumah.

Memasak merupakan kegiatan yang positif dan mengembangkan minat yang dimiliki untuk ditunjukkan ke hasil akhir yang memuaskan.

Kegiatan memasak mengajarkan anak TK untuk bisa mengolah bahan makanan setengah jadi menjadi olahan makanan yang lezat untuk ditujukkan kepada guru dan orangtua.

7. Meningkatkan antusias dalam kegiatan Memasak


Kegiatan cooking class membuat kegiatan pada hari tersebut menjadi lebih spesial dan istimewa, dalam kegiatan tersebut anak bisa menyalurkan kemampuan yang terpendam untuk muncul ke permukaan dengan menunjukkan ke ahlinya dalam aktivitas kegiatan memasak.

Antusias dalam kegiatan cooking class menjadi perasaan yang berbeda yang juga tidak pernah dirasakan pada aktivitas kegiatan lain. Antusias berkaitan dengan semangat dalam melakukan suatu tugas kegiatan demi memperoleh rasa kesenangan ketika berhasil mengerjakannya.

Cooking class menyalurkan hobi yang sebagian disukai oleh anak TK perempuan yang sering mereka lakukan ketika bermain masak masakan di rumah bersama teman sebayanya.

8. Melatih kerja sama dalam tim


Dalam kegiatan cooking class anak TK tidak hanya belajar tentang menggunakan api, mengolah makanan dan memasak tapi juga dapat mengajarkan tentang kerja sama tim.

Kerja sama tim menjadi bagian yang tidak dapat dilepaskan dalam kegiatan cooking class, anak tidak bisa sendiri mengolah bahan makanan tapi harus menjalin hubungan kerja sama yang saling membantu.

Kerja sama membuat kegiatan cooking class menjadi sangat menyenangkan dan seru karena rasa kebersamaan dalam melakukan aktivitas dapat meningkatkan semangat dan emosional anak.

Kerja sama mengajarkan untuk saling membantu dan menyelesaikan pekerjaan menjadi lebih cepat untuk diselesaikan, maka kerja sama tim menjadi pelajaran yang berguna bagi anak TK.
Bagikan melalui media sosial
Atau
Bagikan dengan tautan
Posting Komentar