10 Kegiatan untuk Melatih Kognitif Anak TK

Beraktivitas dan belajar ilmu pengetahuan alam merupakan kegiatan yang bisa melatih kognitif. Selain itu kegiatan positif yang bisa menstimulasi kognitif adalah belajar di sekolah formal seperti di KB (Play group) dan TK.

Dengan belajar di TK Anak akan mendapatkan kegiatan belajar untuk melatih kognitif serta pendampingan dari guru berkompeten.

Selain kognitif, TK merupakan tempat terbaik untuk meningkatkan 8 perkembangan anak seperti nilai agama dan moral, bahasa, sosial emosional, fisik motorik, seni.

Di TK terdapat berbagai alat permainan edukatif yang bisa meningkatkan kemampuan kognitif. Serta adanya kurikulum yang sesuai untuk mengembangkan 8 perkembangan anak hingga mereka siap untuk lulus.

Kegiatan dan aktivitas anak di rumah secara tidak sadar juga meningkatkan kemampuan kognitif. Karena kognitif selalu aktif saat anak belajar, bermain dan beraktivitas sehari hari. Karena kognitif berkaitan dengan pengalaman anak dalam belajar memahami seseorang.

Saat anak berpikir untuk mengerjakan tugas pekerjaan rumah, mereka selalu menggunakan kemampuan kognitif untuk secepatnya untuk menyelesaikan tugas tersebut.

Mereka berusaha sebaik dan sebisa mungkin untuk menyelesaikan tugas yang ditugaskan dengan usaha mereka sendiri, tentu dibantu dengan kemampuan hasil belajar mereka dapat di sekolah.

Agar program belajar maksimal, selain di sekolah TK anak juga harus mau belajar di rumah. Kegiatan dan aktivitas sehari-hari di rumah secara tidak sadar melatih kognitif mereka.

Terdapat 10 kegiatan sehari-hari yang bisa melatih perkembangan kognitif anak TK. Kegiatan tersebut bisa meliputi banyak aktivitas antara lain seperti belajar, bermain, membaca, menonton, menulis, berhitung dan berinteraksi dengan ayah ibu.

10 Kegiatan ini tidak hanya melatih kognitif saja tapi juga melatih nilai agama dan moral, sosial emosional, bahasa dan seni. Karena saat kita fokus melatih kognitif anak maka juga secara langsung juga melatih antara 8 perkembangan anak penting lainnya.

Anak TK belajar

10 Kegiatan untuk Melatih Kognitif Anak TK

Kegiatan tersebut antara lain sebagai berikut ini :

1. Bertanya, mendengarkan dan Berinteraksi Sosial

Perkembangan kognitif bisa berkembang dengan adanya kegiatan pembelajaran, salah satu pelajarannya adalah mendengar karena otak akan di stimulasi untuk berpikir dan bertindak.

Kognitif akan berkembang jika terdapat interaksi sosial, tanpa bantuan interaksi sosial perkembangan kognitif anak tidak akan berkembang.

Banyak pembelajaran yang didapatkan saat berinteraksi sosial baik dengan guru, sesama murid dan kepada orangtua.

2. Mengerjakan dan Menyelesaikan tugas sekolah

Pekerjaan rumah anak TK yang ditugaskan guru harus dikerjakan dan diselesaikan dengan usaha maksimal.

Tugas yang diberikan kepada anak TK umumnya membutuhkan keterampilan dan kognitif dalam menyelesaikan tugas tersebut.

Pemberian PR ini untuk memberikan waktu khusus untuk anak belajar di rumah agar tetap fokus dan terencana dalam belajar.

3. Menggambar dan mewarnai gambar

Dalam menggambar dibutuhkan kemampuan untuk merencanakan dan menentukan gambar yang dibuat, oleh karena itu kegiatan menggambar dapat melatih kognitif anak.

Selain itu dalam menentukan warna dan pemilihan warna untuk gambar membutuhkan kemampuan kognitif. Karena itu kegiatan ini merupakan kegiatan yang bermanfaat bagi anak usia 4-6 tahun.

4. Menonton dan mendengarkan Kartun Edukatif

Sering dilakukan oleh anak TK di rumah kegiatan menonton kartun memberikan nilai edukasi khusus terkait sosial emosional dan kognitif.

Kartun dikembangkan untuk memberikan pelajaran sosial kepada anak dan menanamkan nilai-nilai budaya serta mengambil keputusan dalam berperilaku yang baik.

5. Membaca buku Cerita dan melihat Gambar

Anak TK lebih menyukai melihat gambar dibandingkan membaca buku, walaupun tidak begitu dipedulikan oleh orangtua nyatanya kegiatan ini sangat baik.

Baik untuk meningkatkan perkembangan kognitif karena pada dasarnya hal ini berkaitan dengan mental anak dalam memproses pemahaman tentang apa yang dia amati.

6. Bermain dengan mainan edukasi dan bermain peran

Mainan anak menjadi pilihan terbaik untuk anak TK, mainan edukasi dapat bermanfaat untuk mengoptimalkan perkembangan kognitif anak. Maka anda dapat memilih alat permainan edukatif yang bagus untuk anak.

Selain itu bermain peran dapat menjadi permainan yang menjadikan anak TK menjadi seorang yang berprofesi seperti polisi, tentara dan dokter.

7. Berkomunikasi dan menyebutkan barang dalam bahasa Inggris atau Arab

Perkembangan bahasa berkaitan dengan kognitif anak, jadi semakin pintar anak berkomunikasi maka semakin baik pengalaman dalam berinteraksi sosial.

Ajak anak untuk mulai belajar bahasa asing yang dapat mencerdaskan kognitif nya, cara ini bagus bagi kemampuan kognitif anak sebagai bekal melanjutkan ke jenjang sekolah SD sampai SMA.

8. Menghafalkan huruf Hijaiyah dan panduan belajar membaca bahasa arab

Kegiatan menghafalkan salah satu acara melatih kognitif anak, untuk TK berbasis islam kegiatan ini sangat bagus dilakukan oleh anak sebagai ilmu yang berguna sepanjang hidupnya.

Ajak dia mempelajari bahasa Arab seperti penyebutan benda atau barang dalam bahasa Arab agar anak lebih dahulu mengetahui tentang bahasa asing dibandingkan saat usia remaja (SMA).

9. Menghitung dan mempelajari penjumlahan angka

Kemampuan matematika dalam menyelesaikan tugas penjumlahan atau pengurangan dapat melatih kognitif anak.

Kemampuan kognitif ini sangat diperlukan untuk anak, maka anak harus diajak belajar ilmu dasar matematika seperti bisa menghitung pengurangan atau penjumlahan angka.

10. Memanfaatkan smartphone untuk menonton video dan bermain game edukasi.

Kegiatan menggunakan smartphone oleh anak dapat memberikan manfaat bagi perkembangan kognitif. Pemilihan video yang ditonton dapat memberikan pelajaran pengetahuan kepada anak.

Salah satu aplikasi game anak TK harus ber edukasi dan bisa melatih perkembangan kognitif. Pilih game yang bagus yang tidak mengandung konten kekerasan.

Bagikan melalui media sosial
Atau
Bagikan dengan tautan
Posting Komentar