8 Manfaat Ikut Psikotes bagi anak TK

Di taman kanak-kanak sangat jarang sekolah yang mengadakan psikotes untuk anak didik, sekolah dengan nama besar yang menyelenggarakan program psikotes.

Selain di TK, program psikotes juga terdapat di SD yang menargetkan anak yang baru lulus TK. Tujuan adanya psikotes saat masuk SD bertujuan untuk mendapatkan siswa yang unggul dan cerdas.

Karena kegiatan psikotes termasuk program dengan anggaran biaya yang besar, hanya sekolah dengan keunggulan yang mampu mengadakan acara ini.

Saat mengadakan program psikotes di TK banyak manfaat yang didapatkan oleh guru, siswa dan orangtua siswa. Bagi orangtua informasi terkait hasil tes berguna sebagai wujud rasa kepedulian terhadap anak.

Secara keseluruhan program psikotes memberikan banyak manfaat terutama bagi siswa yang mengikuti psikotes tersebut.

Bagi guru kelas hasil psikotes bermanfaat sebagai bagian dari penilaian seberapa berkembang anak dan juga sebagai perbandingan hasil belajar anak selama 1 semester.

Bagi guru dan orangtua yang belum mengetahui seberapa manfaatnya program psikotes bagi anak TK bisa memahaminya di penjelasan sebagai berikut.

Menjawab psikotes

8 Manfaat ikut Psikotes bagi anak TK

Penjelasan manfaat yang didapatkan sebagai berikut :

1. Melatih otak dan kognitif

Menjawab soal psikotes membutuhkan kemampuan otak untuk menjawab soal dengan pendapat yang logis dan benar.

Kemampuan kognitif juga ikut berpengaruh terhadap hasil jawaban yang ditulis. Maka dengan jawaban yang ditulis anak, psikolog dapat memahami kecerdasan anak dalam mencari jawaban yang bagus dan logis untuk dipahami.

2. Melatih kecepatan mengerjakan soal

Dalam psikotes anak harus mampu menjawab seluruh pertanyaan sebanyak banyaknya sampai waktu mengerjakan habis.

Jika anak mampu menjawab soal tes dengan jumlah yang banyak dan jawaban yang logis, anak membuktikan bahwa ia mempunyai IQ yang tinggi.

Berbeda dengan anak yang sedikit menjawab soal dan jawaban yang dijawab sedikit tidak logis maka hasil tes menunjukkan bahwa IQ anak berada di angka rata rata anak pada umumnya.

3. Mengetahui kelemahan Anak

Saat anak sedang dalam kondisi mengerjakan, kognitif anak berfikir bahwa ia tidak mempunyai ilmu pengetahuan dalam menjawab beberapa soal pertanyaan.

Ini membuktikan bahwa anak mempunyai kelemahan dalam memberikan jawaban yang logis saat anak belum diajarkan soal pengetahuan umum tersebut.

Selain itu dengan hasil tes, guru juga akan mengetahui bahwa beberapa siswa yang diduga mengalami kesulitan dalam memberikan jawaban yang logis dan benar saat mengerjakan psikotes.

4. Pengalaman pertama menjawab soal psikologi

Untuk pertama kalinya anak TK menjawab soal tes psikologi yang tentu berpengaruh terhadap perkembangan belajar mereka.

Pengalaman pernah mengikuti psikotes ini sangat mudah teringat hingga ia remaja. Pengalaman pernah mengikuti psikotes dan mendapatkan nilai yang bagus ini dapat menjadi obrolan yang bagus untuk sesama teman temannya baik di SD, SMP dan SMA.

5. Mengetahui nilai dan skor yang didapatkan

Hasil psikotes berguna untuk mengetahui nilai dan skor yang didapatkan oleh siswa setelah mengikuti psikotes.

Nilai ini dapat di ingat anak hingga mereka dewasa terutama untuk siswa yang mendapatkan hasil psikotes dengan nilai / skor yang memuaskan atau terbaik.

6. Evaluasi kelemahan anak untuk ditingkatkan

Hasil psikotes bermanfaat bagi guru dan sekolah terutama untuk bahan kajian beberapa siswa yang membutuhkan perhatian khusus agar tidak tertinggal dengan siswa lain yang sudah berkembang sangat baik dan sesuai harapan.

7. Bersungguh-sungguh untuk kedua kalinya

Berdasarkan banyak pendapat dari siswa yang mengikuti tes dengan hasil yang buruk, ia mempunyai semangat untuk bersungguh-sungguh dalam mengerjakannya bila terdapat psikotes dengan soal yang sama.

Anak juga mengingatkan bagaimana ia mengerjakan psikotes yang diujikan di TK, sehingga saat ia sudah di SMP atau SMA mempunyai kemauan untuk belajar soal psikotes beberapa hari sebelum psikotes lagi.

8. Informasi bermanfaat bagi orangtua terkait hasil tes

Informasi hasil psikotes berguna bagi para orangtuanya sebagai informasi yang penting terkait perkembangan anak selama belajar.

Selain itu orangtua dapat melakukan tindakan yang berguna untuk meningkatkan perkembangan seperti di ikutkan les atau bimbingan belajar di sekitar rumah sebagai tambahan belajar selain di sekolah.

Bagikan melalui media sosial
Atau
Bagikan dengan tautan
Posting Komentar