10 Pertanyaan Wawancara Untuk Guru TK

Dalam merekrut guru kelas yang baru yayasan dan kepala sekolah perlu melakukan setidaknya Interview atau tes tulis untuk mendapatkan guru kelas yang berkualitas dan sesuai dengan harapan.

Dalam interview pelamar, kepala sekolah harus menanyakan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan data diri, lulusan dan menilai kemampuan pelamar selama ia mengajar di TK tersebut.

Selain itu kepala sekolah juga harus melihat penampilan, menilai perilaku, kesopanan dan menilai kecocokan untuk menjadi guru saat pelamar datang melamar menjadi seorang pendidik di TK.

Kepala sekolah harus mempersiapkan pernyataan wawancara yang dapat ditanyakan untuk mendapatkan calon guru yang berkompeten.

Selain itu dengan mempelajari soal interview, calon guru TK dapat mempersiapkan jawaban yang bagus dan meningkatkan kepercayaan untuk menjawab pertanyaan dari kepala sekolah dengan baik.

Guru mengajar

10 Soal Interview Untuk Pelamar Guru TK

Berikut pertanyaan interview untuk dipelajari :

1. Apakah pendidikan terakhir atau lulusan anda ?

Lulusan fresh graduate PG PAUD, PIAUD atau PGRA dari IAIN dan Universitas sangat banyak dan cocok dipilih untuk dijadikan guru TK karena pendidikannya yang linier.

Selain itu dapat menghemat waktu dalam pembekalan mengajar karena lulusan tersebut mampu beradaptasi dan bekerja di lingkungan sekolah taman kanak-kanak dengan baik karena mendapatkan materi kuliah dan pengalaman selama magang 1 dan magang 2 di kampus.

Kepala sekolah harus mempunyai kriteria harapan bahwa guru kelas TK sebaiknya lulusan PIAUD, PGRA, PGPAUD dan Lulusan Psikologi pendidikan.

2. Apakah anda berpengalaman mengajar atau fresh graduate ?

Walaupun pernah magang 1 dan magang 2 pelamar lulusan PGPAUD masih dikatakan sebagai fresh graduate. Dan jika pernah menganggur selama beberapa bulan masih bisa dikatakan masih fresh graduate.

Sementara untuk guru yang sudah berpengalaman harus ditanyakan alasan kenapa berhenti sementara dalam menjadi guru TK.

Sementara untuk lulusan SMA tidak bisa dikatakan berpengalaman atau sudah berpengetahuan mendidik anak karena masih lulusan SMA.

3. Apakah anda mampu bekerja dalam tim ?

Selama menjadi guru TK, sebagai pendidik membutuhkan bantuan dan komunikasi dengan sesama guru untuk membantu menyelesaikan kegiatan dan acara sekolah secara tim yang solid.

Pendidik yang pendiam dan jarang berkomunikasi kurang cocok menjadi guru TK karena tidak bisa bekerja secara tim dan kurang berkomunikasi dalam mengajar.

4. Apakah yang membuat anda tertarik dengan pendidikan anak usia dini ?

Motif dasar pelamar ingin menjadi guru TK perlu kepala sekolah ketahui, Kepala sekolah bisa memahami motivasi pelamar ingin mengajar di sekolah tersebut.

Contoh motif alasan menjadi guru TK karena suka dengan anak kecil atau sudah dicita-citakan dengan matang saat kuliah karena memilih jurusan PGPAUD / PGRA.

5. Apakah anda dapat bekerja dibawah tekanan ?

Tempat kerja di lingkungan sekolah seperti TK juga terdapat berbagai macam masalah yang harus diselesaikan seorang guru.

Tekanan berupa aturan, beban kerja dan gaji yang kecil menjadi faktor yang banyak membuat tenaga pendidik menjadi stress dan tidak tahan.

Hal ini perlu disadari pelamar saat hendak ingin menjadi pendidik di taman kanak-kanak agar dapat memahami dan paham kondisi ini.

6. Apakah anda bersedia bekerja sebagai guru honorer pada masa percobaan mengajar ?

Pelamar yang sudah diterima perlu mengetahui aturan bahwa guru baru akan mengalami masa percobaan mengajar selama beberapa bulan.

Pada saat itu juga guru baru akan digaji sebagai guru honorer dengan gaji dibawah UMR dan gaji akan naik ke standar jika sudah selesai masa percobaan mengajar di taman kanak-kanak tersebut.

7. Apakah anda dapat menjadi guru yang aktif, kreatif, inovatif dan banyak bicara ?

Menjadi guru TK merupakan skill yang bagus dan minimal menyukai kegiatan yang berkaitan dengan tepuk-tepuk, menyanyi dan seni kreativitas.

Guru TK wajib aktif, kreatif, inovatif dan banyak bicara karena anak TK hanya bisa mendengar, mengikuti dan mengerjakan tugas sederhana yang menyenangkan saja.

8. Apakah anda dapat mematuhi aturan dan kebiasaan para sesama guru di TK ini ?

Di sekolah guru tidak se-enaknya dalam mengajar, karena ada aturan dan kebiasaan yang harus di terapkan oleh guru baru mirip guru lain yang paham dan mematuhi aturan dan kebiasaan ini.

Aturan dan kebiasaan para guru TK perlu di komunikasikan kepada pelamar agar paham dan memahami sejak awal aturan dan kebiasaan tersebut.

9. Apakah anda sudah mengetahui file yang dibutuhkan selama mengajar di kelas ?

Kegiatan administrasi seorang guru sangat banyak contoh seperti mempersiapkan RPPH, RPPM, lembar penilaian harian dan menyiapkan lembar kerja anak untuk pembelajaran harian.

Guru harus mempunyai komputer atau laptop agar dapat mengurus dokumen dokumen yang dilaporkan dan digunakan sebagai pedoman mengajar.

10. Apakah anda bisa bersabar, bertawakal dan Istiqomah saat mendidik anak ?

Menjadi guru TK tidak mudah, guru harus banyak bersabar terkait berbagai hal seperti kecilnya gaji dan beban kerja yang berat.

Guru TK harus punya keimanan kepada Allah SWT karena pekerjaan yang sulit diselesaikan tanpa adanya kereligiusan terhadap agama yang dipeluknya.

Selain itu guru TK juga harus bertawakal dan Istiqomah menjalankan tugas karena ini dilakukan demi mendapatkan pahala yang besar dari Allah, selama menjadi pendidik para anak didik yang Sholeh.

Bagikan melalui media sosial
Atau
Bagikan dengan tautan
Posting Komentar