12 Contoh Kegiatan Motorik Halus bagi Anak TK

Meronce

Anak TK merupakan anak yang masuk dalam kategori anak usia dini yang perlu diberikan stimulasi untuk merangsang tumbuh kembang.

Guru TK merupakan orang terdekat anak yang harus bertanggung jawab untuk merangsang berbagai aspek perkembangan anak usia dini.

Di sekolah dan kelas anak TK didik dengan berbagai kegiatan yang bagus demi memberikan stimulasi yang baik bagi aspek perkembangan mereka.

Tidak hanya berupa perkembangan saja tapi perkembangan moral dan agama juga di rangsang agar bisa menjadi bekal melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.

Guru TK berupaya merencanakan berbagai kegiatan yang dapat mengembangkan 6 aspek perkembangan yang penting terutama perkembangan fisik motorik seperti motorik halus dan motorik kasar.

Kegiatan motorik halus adalah aktivitas yang merangsang perkembangan otot tangan dengan berbagai kegiatan yang bermanfaat bagi perkembangan anak.

Terdapat berbagai macam aktivitas dan kegiatan yang cocok untuk merangsang motorik halus anak TK yang banyak guru lakukan di kelas.

Sebenarnya masih terdapat masih banyak lagi rangsangan motorik halus yang tidak diperhatikan dari berbagai aktivitas belajar anak TK.

Berikut ide dan inspirasi kegiatan yang dapat merangsang motorik halus anak TK untuk guru pemula yang baru mengajar untuk menambah wawasan.

12 Contoh kegiatan motorik halus untuk anak TK


Daftar kegiatan untuk merangsang perkembangan motorik halus anak TK sebagai berikut :

1. Menggunting kertas


Aktivitas yang bagus untuk sebagai rangsangan motorik halus untuk anak TK di kelas yang dapat guru laksanakan seperti melakukan kegiatan menggunting kertas.

Kegiatan menggunting dapat merangsang perkembangan motorik halus anak TK yang bisa menjadi ide tugas kegiatan.

Anak TK harus berhati hati dalam menggunakan hunting dan diawasi saat menggunakan benda tajam karena bisa menyebabkan luka.

2. Meremas kertas dan spon


Ide kegiatan yang bagus lainnya yang dapat merangsang perkembangan motorik halus anak TK seperti meremas kertas tisu atau spon.

Kegiatan meremas dapat menstimulasi perkembangan motorik halus anak agar lebih kuat dan cakap.

Dari kegiatan meremas ini anak akan mendapatkan pembelajaran yang bermakna dan memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi mereka.

3. Melipat kertas


Melipat kertas merupakan kegiatan yang dapat merangsang motorik halus yang bisa menjadi kegiatan tugas dari guru.

Kegiatan melipat kertas ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan kertas origami untuk membuat karya seni yang bagus dan dapat mengisi waktu belajar anak TK.

Dengan kegiatan melipat kertas origami anak akan belajar sambil bermain dan juga berpengaruh positif terhadap perkembangan motorik halus anak.

4. Merobek kertas


Merobek kertas merupakan salah satu kegiatan yang dapat digunakan sebagai sarana mengembangkan kemampuan motorik halus anak TK.

Sangat disayangkan pada kegiatan ini dapat memberikan kesan negatif karena harus membuang banyak kertas yang masih bisa digunakan.

Solusi alternatif pada kegiatan ini bisa menggunakan kertas bekas dan koran saja agar tidak membuang kertas yang masih berharga.

5. Menggambar dan mewarnai


Menggambar merupakan kegiatan yang dilakukan anak untuk mengembangkan keterampilan yang dimiliki, selain itu menggambar juga bagus digunakan untuk mengembangkan motorik halus mereka.

Mewarnai juga mempunyai kesamaan untuk merangsang perkembangan motorik halus anak karena mereka akan sering memegang dan menggunakan pensil warna sehingga perkembangan motorik halus dapat berkembang optimal.

6. Bermain play dough


Pada kegiatan play dough ini anak akan berkreasi menggunakan keterampilan tangan untuk membentuk plastisin menyerupai berbagai macam hewan dan bentuk.

Bermain play dough menjadi kegiatan yang bagus demi mengembangkan kemampuan motorik halus anak, maka dari itu guru harus menyediakan alat bermain ini.

Selain itu dari play dough ini mereka akan belajar mengenal berbagai jenis warna yang menarik untuk dimainkan.

7. Menempel stiker


Stiker bisa menjadi ide kegiatan yang dapat mengembangkan berbagai aspek perkembangan anak salah satunya motorik halus mereka.

Pada kegiatan menempel stiker mereka akan belajar menggunakan tangan untuk melepas stiker dari lembaran stiker.

Anak pasti juga akan berhati hati saat akan menempelkan stiker ke dinding dan kertas dengan begitu perkembangan motorik halus mereka dapat terangsang walaupun hanya dengan kegiatan sederhana.

8. Menghubungkan garis-garis


Menghubungkan garis putus putus juga merupakan ide yang bagus untuk merangsang perkembangan motorik halus anak.

Anak akan belajar memegang pensil dan menggunakan untuk membuat garis penghubung antar titik titik garis.

Guru hanya perlu menyiapkan peralatan dan lembar kertas anak yang sudah disiapkan sebelum kegiatan pembelajaran dimulai.

9. Meronce manik manik


Meronce merupakan kegiatan menyenangkan dan seru untuk mengembangkan keterampilan motorik halus anak.

Selain itu kegiatan meronce ini dapat melatih kehati-hatian anak dalam memasukkan benang ke manik manik.

Hasil karya meronce dapat digunakan sebagai gelang atau kalung untuk menghias diri sendiri agar tampak cantik atau bisa dijual.

Dengan pemilihan kegiatan yang tepat seperti ini anak akan mampu berkembang dengan baik 6 aspek perkembangan mereka.

10. Melempar dan Menangkap bola


Kegiatan melempar dan menangkap bola juga merupakan kegiatan yang dapat merangsang perkembangan motorik halus dan motorik kasar anak.

Dengan kegiatan ini mereka akan belajar untuk melempar bola dengan kuat agar sampai kepada anak yang mendapat tugas untuk menangkap sehingga perkembangan otot tangan anak dapat terangsang dengan baik.

11. Membuat karya kolase


Membuat kolase merupakan kegiatan yang sering dilakukan di kelas oleh anak TK, kegiatan kolase ini anak akan belajar mendesain dan menggunakan tangan untuk menempel bahan dan ornamen.

Secara tidak langsung perkembangan motorik halus anak dapat terangsang dengan pemilihan kegiatan ini.

Selain itu dengan membuat kolase mereka akan bangga untuk menghargai karya sendiri dan mengapresiasi karya anak lain.

12. Bermain Finger painting


Ide kegiatan untuk melatih motorik halus yang terakhir yang bisa menjadi kegiatan yang bagus seperti bermain finger painting.

Finger painting merupakan salah satu kegiatan yang dapat mengembangkan kemampuan motorik halus anak karena mereka cenderung sering menggunakan tangan untuk menghasilkan karya yang berkesan.

Bagikan melalui media sosial
Atau
Bagikan dengan tautan
Posting Komentar