6 Manfaat Manasik Haji untuk Anak TK

Kegiatan Haji

Manasik haji merupakan simulasi tata cara kegiatan haji yang harus dipahami oleh calon haji agar mampu menjalankan haji dengan alur yang benar.

Manasik haji tidak hanya untuk mereka orang dewasa yang akan menjalankan kegiatan haji tapi kegiatan ini juga banyak dilakukan untuk anak TK sebagai kegiatan wajib yang penting.

Sekolah TK yang menjalankan kegiatan manasik haji biasa TK Islam yang yayasannya mempunyai ketertarikan dengan instansi seperti pondok pesantren, NU dan Muhammadiyah.

Kegiatan manasik haji merupakan kegiatan yang bagus untuk meningkatkan perkembangan anak khusus aspek nilai agama dan moral.

Manasik haji berguna untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Allah sebagai sang pencipta yang maha sempurna.

Banyak guru yang berharap dengan stimulasi kegiatan manasik haji beberapa anak TK dapat berubah perilaku ke arah yang benar.

Banyak manfaat yang diperoleh ketika anak TK mau menjalankan kegiatan rutin tahunan sekolah yang penting bagi pengetahuan dan pengalaman anak.

Bagi orangtua dan guru yang belum mengetahui banyak tentang manfaat manasik haji bagi anak TK bisa membaca beberapa manfaat penting berikut.

6 Manfaat kegiatan manasik haji untuk anak TK


Apakah manfaat yang anak TK dapat dari kegiatan acara manasik haji ? anda harus mengetahui sebagai orangtua dan guru.

1. Meningkatkan perkembangan nilai agama dan moral


Aspek perkembangan terkait nilai agama dan moral merupakan aspek yang penting bagi tumbuh kembang anak usia dini.

Nilai agama dan moral merupakan tonggak ketaqwaan kepada Tuhan yang harus ditanamkan dan dipupuk sejak dini dengan rangsangan yang baik.

Kegiatan manasik haji memberikan stimulasi yang penting terhadap aspek perkembangan nilai agama dan moral karena akan memberikan manfaat yang berguna bagi perkembangan mereka saat mereka dewasa.

Manasik haji untuk anak TK merupakan kegiatan yang berguna untuk meningkatkan berbagai aspek perkembangan khusus nilai agama dan moral anak.

2. Meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT


Pada saat akan dirangsang untuk menjalankan kegiatan manasik haji guru berharap siswa menjadi anak yang bertaqwa kepada Allah SWT.

Meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT merupakan kegiatan yang sering distimulasi di sekolah agar mereka menjadi anak yang Sholeh.

Kegiatan manasik haji akan memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi anak TK agar mereka bisa menjalankan perintah agama dengan benar.

3. Menjadi pengalaman pertama yang seru


Keseruan pada kegiatan manasik haji akan memberikan pengalaman pertama yang menyenangkan, terutama akan penting bagi perkembangan ketaqwaan anak TK sebagai anak muslim yang taat terhadap perintah agama.

Pengalaman pernah melakukan manasik haji akan menjadi kenangan yang berharga ketika mereka remaja dan dewasa.

Pernah menjalankan manasik haji akan berguna untuk meningkatkan kepercayaan kepada agama islam yang lurus.

4. Menambah wawasan tentang alur manasik haji


Pada kegiatan manasik haji untuk anak TK akan memberikan wawasan yang berguna untuk paham tata cara berhaji yang benar menurut Islam.

Alur manasik haji merupakan rangkaian kegiatan yang harus dilaksanakan oleh anak TK secara berurutan agar bisa menjalankan haji yang benar.

Diharapkan dengan rangsangan kegiatan manasik haji anak TK menggunakan wawasan alur manasik haji dengan berguna saat mereka akan menjalankan haji saat dewasa.

5. Mengenalkan tempat ibadah haji


Pada kegiatan manasik haji anak akan di rangsang untuk mengenali berbagai bentuk tempat beribadah kaum muslim yang penting seperti Ka'bah.

Tempat beribadah merupakan tempat yang suci yang harus menjaga perilaku dan kefokusan untuk menjalankan simulasi haji dengan baik.

Tempat untuk menjalankan manasik haji biasanya cukup luas dan lengkap untuk bisa menjalankan simulasi tata cara haji yang benar.

6. Mengembangkan sosial emosional anak


Perkembangan sosial emosional anak usia dini juga dapat berkembang dengan baik jika mereka mau melaksanakan kegiatan wajib sebagai pelajar.

Manasik haji memberikan rangsangan terhadap perkembangan sosial emosional anak usia dini dengan cara mengajarkan rasa kebersamaan untuk menjalankan simulasi manasik haji.

Perkembangan sosial emosional merupakan perkembangan yang harus distimulasi dengan baik dengan berbagai kegiatan yang berguna contohnya pada kegiatan manasik haji.
Bagikan melalui media sosial
Atau
Bagikan dengan tautan
Posting Komentar