8 Manfaat Finger Painting untuk Anak TK

Finger painting untuk anak TK

Berbagai macam kegiatan bisa diselenggarakan oleh guru dalam rangka membuat pembelajaran efektif untuk anak TK.

Macam kegiatan anak TK cukup banyak dan memberikan manfaat edukasi bagi aspek perkembangan anak usia dini.

Pembelajaran yang direncanakan oleh guru sudah melalui penelitian sederhana agar dapat memberikan banyak manfaat bagi perkembangan anak usia dini.

Kegiatan pembelajaran anak TK yang sering dilakukan di kelas sebagai kegiatan bermain yang menyenangkan seperti aktivitas kegiatan finger painting.

Finger painting merupakan aktivitas bermain untuk anak TK dengan menggunakan cat warna yang lengkap.

Dalam kegiatan pembelajaran dan bermain finger painting tidak banyak menggunakan bahan dan alat cukup cat warna dan jari tangan sudah cukup bagus untuk membuat karya finger painting.

Tidak banyak harapan dari guru ketika anak didik ditugaskan melakukan kegiatan finger painting, guru berharap anak dapat senang dan menikmati kegiatan yang dipimpin oleh guru tersebut.

8 Manfaat finger painting untuk kegiatan anak TK


1. Mengembangkan aspek kreativitas


Dari aktivitas kegiatan pembelajaran finger painting anak TK diharapkan dapat mengembangkan aspek kreativitas yang dimiliki anak didik dengan baik.

Aspek kreativitas setiap anak tidak sama satu sama lain sehingga tidak perlu memperdebatkan hasil karya mana yang paling bagus.

Aspek kreativitas merupakan aspek penting bagi anak TK karena mereka cenderung menyukai kegiatan yang dapat mengembangkan kemampuan motorik halus dan kreativitas.

2. Mengembangkan aspek seni


Kegiatan finger painting selain melibatkan aspek kreativitas juga dapat berpengaruh terhadap berkembangnya aspek seni.

Aspek seni dan kreativitas merupakan aspek yang saling berkaitan dan berkesinambungan maka kedua perlu di rangsang dengan cara memilih kegiatan yang sesuai.

Aspek seni merupakan aspek perkembangan anak yang sangat penting yang harus dirangsang setiap hari dengan memilih kegiatan yang baik.

3. Mengembangkan aspek motorik halus


Pengoptimalan aspek perkembangan anak banyak dirangsang dari kegiatan finger painting salah satunya aspek perkembangan motorik halus.

Kemampuan motorik halus harus dirangsang dengan baik agar dapat berkembang dengan baik, diharapkan dengan berkembang motorik halus anak dapat cakap dalam menggunakan kedua tangan untuk kegiatan yang berguna.

Finger painting menggunakan jari dan tangan untuk menghasilkan karya bagus. Dengan menggunakan tangan tersebut motorik halus mereka dapat terstimulasi sambil bermain.

4. Mengembangkan imajinasi anak


Finger painting juga sarana yang bagus untuk mengembangkan imajinasi anak dengan kegiatan yang cocok untuk dilakukan.

Finger painting tidak hanya meningkatkan perkembangan seni dan kreativitas saja tapi imajinasi juga bisa ikut berkembang dengan baik.

Imajinasi anak berkaitan dengan aspek kognitif maka dari setiap karya akan berbeda beda hasil dan maknanya, itu yang harus diketahui oleh guru.

5. Pengenalan warna pada anak


Aktivitas belajar finger painting juga baik digunakan sebagai sarana pengenalan warna warna kepada anak TK.

Anak dapat memilih warna kesukaan yang diminati untuk membuat karya finger painting yang berkesan dan mendalam maknanya.

pengenalan warna warna ini sangat bagus agar anak dapat menambah pengetahuan mereka tentang berbagai warna dan hasil campuran banyak warna.

6. Mengekspresikan diri dengan karya


Ketika anak melakukan aktivitas kegiatan finger painting maka secara langsung mereka mampu mengekspresikan diri dengan baik melalui karya finger painting tersebut.

Mengekspresikan diri merupakan kegiatan yang menunjukkan raut wajah yang terdapat arti yang mendalam, anak diharapkan mampu mengekspresikan diri dengan kegiatan finger painting ini.

Mengekpresikan diri merupakan bentuk kebebasan untuk menunjukkan kemampuan yang dimiliki kepada khalayak publik agar dapat memperoleh apresiasi.

7. Meningkatkan rasa percaya diri anak


Aspek yang harus distimulasi dan dirangsang dengan kegiatan finger painting berupa rasa kepercayaan diri anak.

Kepercayaan diri dapat terlihat dari hasil karya mereka apakah mereka dengan berani membuat karyanya sendiri dengan percaya diri.

Bila anak mempunyai kepercayaan diri yang tinggi akan terlihat dengan hasil karya yang tampak bagus dan mengandung makna tersirat.

8. Mengembangkan kebanggaan terhadap karya sendiri


Hasil karya finger painting dari anak TK harus diapresiasi dengan baik walaupun hasil karya mereka kurang bagus.

Dari apresiasi yang membangun dari guru mereka dapat memiliki kebanggaan terhadap hasil karya buatan sendiri.

Bangga terhadap hasil karya sendiri merupakan perilaku yang bagus dan dapat membuat perasaan menjadi senang dan ceria.

Itulah 8 manfaat dari kegiatan finger painting untuk anak TK semoga artikel berikut berguna dan bermanfaat bagi banyak pihak terkait.

Bagikan melalui media sosial
Atau
Bagikan dengan tautan
Posting Komentar