Ciri Ciri Memilih Telur Puyuh yang Bagus

Telur puyuh yang bagus

Telur puyuh merupakan telur yang berasal dari unggas berjenis burung yang disebut dengan burung puyuh.

Burung puyuh mempunyai ukuran yang kecil mirip anak ayam, telur burung puyuh berukuran kecil karena dari burungnya memang kecil.

Telur burung puyuh mempunyai banyak manfaat yang jarang diketahui oleh banyak orang terutama bagus untuk MPASI anak balita.

Kelebihan telur burung puyuh dibandingkan telur ayam terdapat pada kandungan nutrisi yang terkandung di dalamnya yang penting bagi pertumbuhan.

Jika anda hendak membeli telur burung puyuh untuk diolah menjadi makanan yang enak dan bergizi maka anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut.

Memperhatikan beberapa hal berikut ini dapat menjadi tips berguna bagi anda yang hendak memilih telur puyuh yang bagus.

Telur puyuh yang bagus mempunyai beberapa ciri ciri yang bisa dilihat secara langsung dan dapat ditanyakan kepada peternak.

Ciri ciri ini menjadi tanda yang dapat digunakan untuk membedakan telur puyuh yang masih bagus dengan telur puyuh yang sudah rusak.

6 Cara memilih telur puyuh yang bagus

Perhatikan beberapa ciri telur puyuh yang baik pada karakteristik berikut ini :

1. Telur masih baru

Telur puyuh yang baru dapat dipastikan mempunyai kualitas yang terbaik karena tergolong telur segar.

Telur yang baru umum masih bagus dan dapat disimpan dalam waktu yang lama dibandingkan telur yang sudah lama disimpan.

Telur baru biasanya jika dirasakan dengan kulit masih hangat dan warnanya masih cerah. Telur baru yang segar lebih bagus kualitas dibandingkan dengan telur puyuh yang sudah lama disimpan.

Untuk mengetahui bahwa telur puyuh masih baru bisa dilakukan dengan menanyakan kepada peternak apakah telur puyuh ini masih baru dipanen ? Biasanya peternak akan terbuka terhadap berbagai pertanyaan dari konsumen.

2. Berbentuk lonjong

Telur puyuh yang tergolong bagus mempunyai ciri khas yang sering dimiliki oleh telur puyuh, telur puyuh secara umum dan normal mempunyai bentuk yang lonjong bukan bulat.

Juga telur puyuh mempunyai ukuran yang relatif kecil dan terdapat bercak bercak hitam yang menjadi ciri khas telur puyuh.

3. Tidak berbau busuk

Telur puyuh yang bagus tidak akan berbau busuk jika dipecahkan, anda bisa mencoba untuk memecahkan 1 telur puyuh untuk mengetahui apakah telur puyuh tersebut tidak busuk.

Telur puyuh yang berbau busuk tidak boleh untuk dimasak apalagi untuk tetap dikonsumsi karena akan beracun bagi manusia yang dapat menyebabkan muntah dan sakit perut.

4. Tidak terdapat retak

Sama seperti membedakan telur ayam yang masih bagus, telur puyuh yang retak bukan termasuk telur puyuh yang bagus.

Telur puyuh yang retak biasanya tidak dijual dan memiliki harga yang jauh lebih murah dibanding telur normal.

Disarankan memilih sendiri telur puyuh yang tidak terdapat retak karena telur yang retak cenderung kotor dan terkontaminasi oleh bakteri yang dapat menyebabkan sakit perut.

5. Berwarna dan bercorak normal

Ciri telur puyuh yang bagus terdapat terlihat dari warna dan coraknya, telur puyuh yang masih bagus akan berwarna cerah dan bercorak hitam pada bercaknya.

Telur puyuh yang cerah termasuk telur puyuh yang tergolong bagus dan baik untuk dikonsumsi sebagai lauk pendamping nasi.

Warna telur puyuh ada yang berwarna putih dengan bercak hitam juga ada yang berwarna kuning dengan bercak hitam.

Disarankan memilih telur yang berwarna putih dengan bercak hitam yang masih cerah saja karena lebih bagus kualitasnya.

6. Telur tampak bersih dan tidak kusam

Ciri terakhir dari telur puyuh yang bagus terlihat dari kualitas cangkangnya, cangkang telur puyuh yang bagus dan baru akan tampak bersih dan tidak kusam.

Telur yang sudah kusam biasanya telur lama yang masih disimpan tapi tetap dijual oleh pedagang karena stok lama.

Telur puyuh yang kusam biasanya tidak terlihat cerah karena telur tersebut tergolong kotor, sangat tidak disarankan memilih telur dengan ciri berikut.

6 cara memilih telur puyuh yang bagus untuk anda yang tergolong pembeli awan semoga informasi tersebut berguna dan dapat menambah wawasan anda sebagai pembeli yang cerdas.
Bagikan melalui media sosial
Atau
Bagikan dengan tautan
Posting Komentar