Pengertian Pafi dan Perannya yang harus Anda Ketahui

Pafi


Sejarah Pafi

Pada tanggal 13 Februari 1946, didirikanlah organisasi bernama “Persatuan Ahli Farmasi Indonesia” di Yogyakarta.

Merupakan wadah bagi seluruh tenaga kerja yang berdedikasi dalam bidang kefarmasian, Persatuan Ahli Farmasi Indonesia  ini disingkat dengan kata “PAFI”.

PAFI secara konsisten dan konsekuen terus menerus memperjuangkan kesejahteraan Tenaga Teknis Kefarmasian dan Asisten Tenaga Kefarmasian baik lahir maupun batin, baik material dan nonmaterial agar mereka dapat memperoleh kepuasan kerja yang didukung oleh imbalan jasa yang memadai, rasa aman dalam bekerja, lingkungan kerja yang kondusif, pergaulan antar pribadi yang baik dan sehat, serta memperoleh pengembangan diri dan karir.

Peran dan Fungsi PAFI

PAFI mempunyai peran yang luas dan beragam dalam mendukung perkembangan industri farmasi Indonesia.

Kontribusinya yang paling menonjol adalah peningkatan pengetahuan farmasi di kalangan universitas di Indonesia.

Melalui berbagai program dan inisiatif, PAFI bertujuan untuk memastikan bahwa lulusan program farmasi memiliki pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk berkontribusi aktif pada praktik klinis, industri farmasi, dan penelitian ilmiah.

PAFI juga aktif menyelenggarakan berbagai kegiatan ilmiah seperti seminar, workshop dan konferensi yang bertujuan untuk selalu memperbarui pengetahuan para profesional farmasi tentang perkembangan terkini di bidang farmasi dan kesehatan.

Selain itu, pafi kota bengkulu berperan penting dalam meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya peran farmasi dalam pelayanan kesehatan.

Keanggotaan dan Struktur Organisasi PAFI terdiri dari para profesional farmasi dari berbagai latar belakang pendidikan dan praktik, mulai dari akademisi hingga praktisi klinis dan peneliti.

Keanggotaan PAFI terbuka bagi siapa saja yang mempunyai minat dan komitmen terhadap pengembangan industri farmasi Indonesia.

Organisasi dipimpin oleh seorang pemimpin yang dipilih secara demokratis oleh para anggotanya dan didukung oleh sejumlah pengurus yang bertanggung jawab atas berbagai program dan kegiatan organisasi.

PAFI merupakan organisasi yang mempunyai peranan sangat penting dalam pengembangan industri farmasi Indonesia.

Melalui berbagai program dan inisiatifnya, PAFI terus berupaya untuk memajukan standar pendidikan, praktik, dan penelitian farmasi serta memperkuat peran tenaga profesional farmasi dalam sistem kesehatan nasional.

Dengan komitmen dan dukungan yang kuat dari para anggotanya, PAFI diharapkan dapat terus menjadi motor penggerak utama perkembangan sektor farmasi Indonesia.


Bagikan melalui media sosial
Atau
Bagikan dengan tautan
Posting Komentar