LKA gratis

12 Tugas Asisten Dokter Gigi di Klinik Gigi

Menjadi seorang asisten dokter gigi mempunyai tanggung jawab yang besar, terutama saat bekerja bersama dokter gigi saat menangani pasien.

Pekerjaan ini bisa berasa berat jika tidak mempunyai jiwa semangat yang tinggi, tekun dan komitmen bekerja menjadi asisten dokter gigi.

Dokter gigi tidak mampu bekerja secara mandiri saat menangani pasien, oleh karena itu dokter gigi memerlukan asisten dokter gigi (perawat gigi).

Posisi saat tindakan perawatan dan operasi gigi, dokter gigi berada di kanan dan atas kepala pasien. Sedangkan asisten dokter gigi dan alat alat berada di kiri pasien.

Setidaknya ada 12 tugas kerja asisten dokter gigi di klinik gigi yang harus anda ketahui sebelum menjadi asisten dokter gigi.

12 Jobdesk Asisten Dokter Gigi Profesional

1. Melaksanakan kegiatan administrasi dan pendaftaran pasien

Beberapa klinik gigi mengharuskan asisten dokter gigi untuk merangkap sebagai penerimaan pasien dan mengurus kegiatan administrasi di klinik gigi tersebut.

Pastikan anda menyiapkan diri menjadi seseorang yang berfungsi sebagai resepsionis di klinik gigi tempat anda bekerja.

2. Mempersiapkan ruang praktik dokter gigi

Sebelum buka beroperasi, asisten dokter gigi harus mempersiapkan ruang praktik terlebih dahulu, seperti merapikan alat alat dalam perawatan gigi dan menjaga kebersihan ruang praktik.

Alat alat harus dipersiapkan dan harus dipastikan ada dan berfungsi dengan baik karena alat alat sangat berperan dalam proses tindakan.

3. Mempersiapkan alat dan bahan kedokteran gigi

Sebelum melakukan tindakan asisten dokter gigi bisa memulai dengan mempersiapkan alat dan bahan yang digunakan dalam tindakan.

Alat dan bahan ini harus dipersiapkan dengan baik agar asisten dokter gigi dapat mempermudah kerja dokter gigi sebelum tindakan dimulai.

Mempersiapkan alat dan bahan ini merupakan tugas wajib dan merupakan salah satu deskripsi tugas asisten dokter gigi saat bekerja.

4. Mengambilkan alat dan bahan kepada dokter gigi

Saat tindakan, dokter gigi akan meminta alat alat yang dibutuhkan kepada dental asisten. Asisten dokter gigi hanya perlu mengambil alat yang diminta, dan memberikannya kepada dokter gigi.

Beberapa alat dapat anda pegang terlebih dahulu, mungkin alat tersebut akan dibutuhkan oleh dokter gigi selama proses tindakan berlangsung.

5. Menjelaskan instruksi sebelum dan sesudah operasi perawatan gigi

Penjelasan singkat sangat diperlukan oleh pasien sebelum perawatan gigi dimulai. anda harus menjelaskan beberapa hal yang penting yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama proses tindakan dimulai.

Berikan nasihat dengan baik agar pasien mengerti dan mematuhi nasihat tersebut saat sebelum dan sesudah tindakan perawatan gigi.

Berikan juga penjelasan mengenai hal yang mungkin dapat terjadi terkait gigi saat pasien menggunakan gigi untuk mengunyah makanan dan minuman tertentu.
Asisten dokter gigi sedang bekerja

6. Mempersiapkan tindakan awal kepada pasien

Pasien yang datang untuk meminta perawatan gigi perlu di cek dahulu keadaan sebelum selanjutnya di operasi dengan tindakan selanjutnya.

Asisten dokter gigi dapat melihat langsung  apa yang dikeluhkan oleh pasien saat gigi digunakan untuk mengunyah makanan.

Asisten dokter gigi dapat menjelaskan apa yang terjadi terhadap kondisi gigi pasien kepada dokter gigi, untuk selanjutnya melakukan tindakan terhadap gigi yang rusak untuk dicabut atau ditambal.

7. Mensterilkan alat alat setelah digunakan pasca operasi perawatan gigi

Setelah proses tindakan dan perawatan gigi kepada pasien sudah selesai, ada satu tugas lagi yang perlu dilakukan oleh asisten dokter gigi.

Tugas lainnya seperti melakukan sterilisasi terhadap alat alat yang sudah digunakan untuk dapat digunakan kembali kepada pasien selanjutnya yang juga harus dilakukan tindakan.

8. Mengambilkan hasil X-ray Gigi pasien

Untuk melihat struktur gigi dan apa yang terjadi pada gigi pasien pada kondisi tertentu memerlukan alat rontgen.

Hasil X-ray Rontgen dapat memperlihatkan kondisi gigi pasien secara umum dan untuk mengetahui apa yang menjadi penyebab sakit pada gigi pasien.

Asisten dokter gigi harus mampu melakukan rontgen kepada gigi pasien dan mengambilkan untuk dokter gigi.

Asisten dokter gigi juga harus membantu memeriksa apa pada yang terjadi pada struktur gigi pasien melalui hasil X-ray.

9. Membantu mengoleskan anestesi ke gusi pasien

Sebelum tindakan operasi gigi, asisten dokter gigi harus memberikan anestesi ke dalam mulut.

Anda perlu mengoleskan anestesi pada gusi untuk menghilangkan rasa nyeri dan sakit pada gigi pasien dengan baik.

Berikan anestesi secukupnya pada area gusi tertentu yang menjadi penyebab masalah pada gigi untuk selanjutnya dicabut atau ditambal.

10. Mengelola rekam medis pasien

Selain melakukan tugas administrasi, asisten dokter gigi juga bertugas untuk mengelola hasil rekam medis pada semua pasien.

Rekam medis pasien harus dikelola dan disimpan dengan baik yang nanti berguna saat pemeriksaan gigi selanjutnya.

Rekam medis pasien berisi identitas pasien, hasil pemeriksaan & tindakan pada pasien dan penanganan pada pasien.

11. Membersihkan dan mengontrol Saliva pasien

Asisten dokter gigi juga memiliki tugas untuk membersihkan air liur yang tertampung selama proses tindakan perawatan gigi berlangsung.

Asisten dokter gigi bertugas untuk mengontrol air liur yang keluar untuk dibersihkan menggunakan alat penghisap air liur atau Saliva injector.

Saliva secara rutin perlu dibersihkan agar proses tindakan perawatan gigi berjalan lancar dan pasien dapat berada pada kondisi yang tenang serta nyaman.

12. Mengarahkan lampu pencahayaan ke dalam mulut pasien

Lampu dental berfungsi untuk menyinari rongga mulut pasien yang gelap agar dapat terlihat terang.

Tugas lain asisten dokter gigi seperti mengatur lampu dental untuk diarahkan ke mulut pasien agar dokter gigi dapat terbantu dalam proses tindakan operasi gigi.

Tugas asisten dokter gigi harus fleksibel dan dapat bekerja sesuai kondisi di ruang praktik. Pastikan setiap tindakan dapat memberikan manfaat untuk dokter gigi agar pekerjaan asisten dokter gigi tertunaikan.

Artikel terkait buka link
Dental assistant dalam bahasa Indonesia Kunjungi
Cerita Pengalaman Asisten Dokter Gigi Kunjungi
Loker Asisten Dokter Gigi Kunjungi
Interview Asisten Dokter Gigi Kunjungi
Bagikan melalui media sosial
Atau
Bagikan dengan tautan
Posting Komentar