Giofanny Sabekti Halo saya bekerja sebagai seorang content writer, selain itu saya lulusan S1 Pendidikan Islam Anak usia dini di IAIN Ponorogo.
                                               

6 Cara Merawat Pakaian Untuk Pelajaran anak TK

2 min read

menjemur pakaian

Pembelajaran di TK pada tema kebutuhan ku dan sub tema pakaian terdapat sub sub tema yang berkaitan dengan merawat pakaian.

Selain cara merawat pakaian terdapat satu lagi sub sub tema dari pakaian yang harus juga kamu ketahui yang berkaitan dengan manfaat pakaian.

Baca juga : 6 manfaat pakaian untuk pelajaran anak TK

Pembelajaran untuk anak harus disesuaikan dengan tema yang sudah ditetapkan, tapi guru dapat mengembangkan sendiri sub tema yang bisa diajarkan kepada anak TK contohnya seperti cara merawat pakaian pada artikel ini.

Bagi guru yang belum begitu paham dengan cara merawat pakaian bisa menjelaskan penjelasan pada artikel ini.

Cara merawat pakaian secara umum ada 6, penjelasan materi ini logis dan sesuai fakta yang benar. Cara merawat pakaian ini berdasarkan pengamatan pada cara merawat pakaian yang sering ibu rumah tangga lakukan di rumah.

Pelajaran anak TK berupa pembekalan ilmu pengetahuan yang sering dilakukan di rumah ini bagus dan selain itu materinya berisi pembiasaan perilaku yang baik bagi anak usia dini.

Pelajaran yang diajarkan guru harus berdasarkan dasar dasar kegiatan yang sering keluarga ajarkan, pembelajaran ini harus bernilai edukasi sebagai cara mengajarkan kemandirian pada anak.

Cara merawat pakaian ini memberikan kesan ibarat belajar hidup mandiri bagi anak usia dini. Selain itu bertujuan untuk memberikan nilai edukasi yang penting dalam melaksanakan kegiatan sederhana di rumah.

6 Cara Merawat Pakaian untuk Pelajaran anak TK

Materi cara merawat pakaian sebagai berikut :

1. Dicuci setelah dipakai

Kita ambil contoh seragam sekolah anak yang sudah dipakai harus dirawat dengan cara mencuci hingga bersih untuk disimpan dan dipakai kembali pada hari pemakaian seragam yang ditetapkan sekolah.

Biasanya kegiatan mencuci pakaian ini dilakukan oleh ibu, materi ini sangat bagus untuk menambah pengetahuan anak tentang kegiatan di rumah dan peran anggota keluarga.

2. Hindari dan menjaga diri dari kotoran

Kegiatan anak sekolah yaitu belajar dan bermain, waktunya sering dihabiskan untuk kegiatan bermain seperti kegiatan bermain bola atau kegiatan bermain pasir. Kegiatan di tanah sering membuat baju yang dipakai kotor terutama saat bermain air hujan.

Anak harus mempunyai jiwa kebersihan agar ia menghindari dari kegiatan bermain yang membuat kotor baju sehingga membuat baju sulit dibersihkan dengan di cara mencuci biasa.

3. Dijahit bila sobek dan bolong

Perawatan terhadap pakaian yang rusak atau sobek agar kembali bisa digunakan maka perlu di jahit, kegiatan menjahit ini juga merupakan kegiatan merawat pakaian yang mengalami sobek.

Menjahit dapat menghemat biaya bila harus membeli baju seragam yang baru lagi, perawatan ringan terhadap pakaian ini juga harus dijelaskan kepada anak TK agar mereka dapat menyikapi dan cara memandang masalah terutama pada pakaian mereka.

4. Di setrika setelah di jemur

Setelah dicuci hingga bersih, selanjutnya perlu dijemur setelah dijemur maka pakaian diangkat yang selanjutnya di setrika agar pakaian tampak halus dan bagus saat dikenakan.

Kegiatan menyetrika ini merupakan salah satu bentuk merawat pakaian dengan cara yang baik, karena sekarang jarang orang menyetrika pakaian sebelum dilipat.

penyampaian informasi ini merupakan bentuk penanaman kebiasaan yang bagus bagi anak hingga di ingat saat dewasa dan menjadi orangtua.

5. Di semprot dengan parfum

Setelah menjaga pakaian dengan kebersihan maka sebelum dipakai pakaian bisa diberi semprotan parfum agar wangi, pemberian parfum dapat membuat bau nyaman bagi seseorang yang menciumnya.

Perawatan pakaian ini harus di informasikan kepada siswa TK agar mereka mengetahui cara bagus merawat pakaian yang bagus menurut guru.

Selain itu anak TK juga akan mempunyai inisiatif yang bagus untuk memberikan saran pemberian parfum kepada pakaian ayah dan ibu sehingga dapat membuat orangtuanya bangga dengan perkembangan kecerdasan sang anak.

6. Di simpan di lemari pakaian

Setelah di cuci, di setrika dan dilipat dengan baik selanjutnya proses perawatan terhadap pakaian yang baik maka harus disimpan di lemari pakaian ditumpuk atau digantung di lemari.

Setelah bersih pakaian bisa digunakan kembali dan membuat pemakainya merasa nyaman dan enak menggunakan pakaian yang bersih dan bagus.

Giofanny Sabekti
Giofanny Sabekti Halo saya bekerja sebagai seorang content writer, selain itu saya lulusan S1 Pendidikan Islam Anak usia dini di IAIN Ponorogo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *