Giofanny Sabekti Halo saya bekerja sebagai seorang content writer, selain itu saya lulusan S1 Pendidikan Islam Anak usia dini di IAIN Ponorogo.
                                               

10 Ide Kegiatan HUT Desa yang Meriah dan Bagus

2 min read

Hari ulang tahun desa biasanya di isi dengan kegiatan yang bagus dan meriah, pada kegiatan HUT diharapkan masyarakat datang menyemarakkan perayaan HUT di balai desa atau lapangan desa.

Pada HUT desa umumnya desa akan menyelenggarakan acara adat atau acara kebudayaan yang sekaligus cara untuk melestarikan budaya lokal setempat.

Secara keseluruhan acara HUT dari setiap desa mempunyai kesamaan yang bisa dicontoh dan ditiru, tapi harus ada beberapa tambahan agar terdapat pembedaan.

Untuk membantu anda dalam menentukan kegiatan HUT desa yang bagus yang bisa direalisasikan bisa mencontoh ide kegiatan berikut ini.

Kegiatan HUT desa berikut merupakan pemilihan rencana kegiatan yang bagus karena kegiatan ini merupakan acara yang positif.

Anggaran dana acara HUT desa bisa diambil dari dana desa untuk dialokasikan beberapa saja untuk kegiatan yang sederhana ini tentu harus dengan persetujuan dari pihak terkait seperti pemerintah kabupaten.

Baca juga : 10 Kegiatan yang bisa menggunakan dana desa

Agar berjalan dengan baik maka kegiatan harus di siapkan sejak jauh hari dan mempersiapkan segala sesuatu yang berguna.

Bagi anda yang tidak mempunyai ide kegiatan HUT desa yang bagus bisa menemukan inspirasi kegiatan acara berdasarkan saran berikut.

10 Ide Kegiatan HUT Desa yang Bagus

Berikut saran kegiatan yang bisa dipilih dan ditiru saat HUT desa :

1. Pemotongan tumpeng nasi Kuning

Acara sederhana yang bisa diselenggarakan pada perayaan HUT desa bisa dengan acara tumpengan. Acara tumpengan ini biasa menggunakan nasi kuning berbentuk kerucut.

Warna dan bentuk tumpeng mempunyai arti yang melambangkan kejayaan dan kehidupan yang ada di masyarakat bawah.

2. Campur Sari atau Pentas Seni

Campur sari merupakan pentas musik tradisional dan modern yang biasanya terdapat di pulau Jawa.

Lagu pada campur sari merupakan lagu tradisional yang merupakan cerminan kehidupan sehari-hari masyarakat kita seperti percintaan dan gaya hidup.

Pentas seni merupakan acara yang bagus yang bisa dipilih bila acara campur sari tidak begitu menarik. Ini sekaligus cara untuk melestarikan seni tari masyarakat kita.

3. Pagelaran Wayang Kulit

Kegiatan terkait melestarikan kesenian daerah bisa mengadakan kegiatan dan acara pagelaran wayang kulit dengan dalang terkenal di desa tersebut.

Kesenian wayang kulit ini merupakan kesenian daerah Jawa yang banyak diadakan saat perayaan HUT desa yang bisa Anda tiru.

4. Sholawatan

Kegiatan religi yang ke empat merupakan kegiatan sholawatan yang bisa menarik minat masyarakat untuk datang meramaikan acara HUT desa dengan cara yang positif.

Pengajian dan sholawatan merupakan bagian dari budaya masyarakat Islam yang harus dilestarikan karena bermuatan positif bagi perkembangan Islam.

5. Pengajian Akbar

Acara terkait dengan nilai keagamaan masyarakat kita yang sering dilakukan pada saat HUT desa pada umumnya diterapkan dengan kegiatan pengajian Akbar.

Pengajian Akbar merupakan ide kegiatan HUT yang bagus dan bernilai religi untuk masyarakat desa.

Agar menarik minat masyarakat maka perlu mengundang ustadz kondang yang terkenal di kawasan daerah tersebut.

6. Jalan Santai

Kegiatan HUT desa bisa juga mengadakan program jalan santai yang merupakan cara meramaikan acara HUT desa.

Masyarakat perlu diberitahu tentang rencana kegiatan ini agar menarik minat masyarakat untuk ikut serta maka perlu ditambahkan pengundian hadiah yang menarik.

7. Senam Sehat

Senam sehat juga merupakan ide yang bagus yang bisa di realisasikan pada saat perayaan HUT desa.

Senam sehat yang mengundang masyarakat untuk datang meramaikan acara pagi ini untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat dan cara gaya hidup yang sehat dan bahagia.

Senam sehat merupakan ide gagasan yang terbaru yang jarang diadakan saat HUT tapi ini merupakan termasuk dalam kegiatan yang bagus.

8. Kirab Budaya

Kirab budaya merupakan tradisi yang harus dilestarikan dengan diadakan secara rutin setiap tahun sebagai cara untuk melestarikan budaya.

Kirab budaya mengusung tradisi masyarakat tempo dahulu dengan pakaian dan benda benda pusaka di kirabkan di sepanjang jalan desa.

9. Kirab Hasil Panen

Hasil panen masyarakat bisa digunakan sebagai acara puncak yang bagus dan di arak keliling desa serta di bagikan ke masyarakat.

Acara kirab hasil panen ini banyak diselenggarakan oleh desa desa di kecamatan tertentu seperti di Ponorogo.

10. Doa bersama dan Makan Bersama

Kegiatan HUT yang terakhir yang bisa dipilih sebagai acara puncak ditutup dengan acara doa bersama.

Doa bersama dengan mengundang pihak penting dan perwakilan masyarakat sekitar dan setelah selesai kegiatan dapat ditambahkan acara makan bersama sama agar tercipta rasa kebersamaan dan gotong royong.

Giofanny Sabekti
Giofanny Sabekti Halo saya bekerja sebagai seorang content writer, selain itu saya lulusan S1 Pendidikan Islam Anak usia dini di IAIN Ponorogo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *