LKA gratis

10 Kegiatan Sub Tema Api untuk Anak TK

Kegiatan pembelajaran bertema api di kelas cukup banyak dan beragam, hampir keseluruhan kegiatan bersifat edukasi dan bermakna.

Api merupakan energi dari alam yang menghasilkan panas yang berguna untuk kegiatan memasak makanan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat.

Terdapat keistimewaan pada kegiatan sub tema api yang menjadi pembeda dengan sub tema lain. Api termasuk dalam tema api, air dan udara, terdapat berbagai kegunaan dan manfaat yang terdapat pada api.

Anak TK juga perlu diajari materi tentang bahaya api yang bisa melukai diri jika bermain main dengan api kecil, terutama pada api besar dapat menimbulkan kerusakan dan korban jiwa.

Kegiatan pembelajaran bertema api sangat unik unik dan bisa memberikan kesan yang bermakna bagi pengalaman dan pengetahuan anak TK.

Untuk membantu guru dalam menentukan aktivitas pembelajaran yang bisa ditugaskan ke anak TK, sebagai asisten saya akan menjelaskan 10 kegiatan seru pada pembelajaran sub tema api.

Baca juga : 9 kegunaan api untuk pembelajaran anak TK

Api lilin


10 Kegiatan sub tema api untuk anak TK

1. Membuat kolase gambar api unggun

Kegiatan harian yang bisa ditugaskan ke siswa pada sub tema api mengerjakan membuat kolase bergambarkan api unggun.

Siswa dituntut untuk bisa menghiasi kolase dengan corak yang sesuai dengan warna api unggun dan kayu yang terbakar.

Siswa dapat mengandalkan keterampilan tangan dan kognitif untuk membuat karya kolase yang unik dan bagus.

2. Membuat origami bentuk api unggun

Kegiatan alternatif yang masih menyenangkan untuk ditugaskan ke anak TK yang bisa dikerjakan membuat origami berbentuk api unggun yang menyala nyala.

Dengan menggunakan kertas origami, lem dan gunting siswa diharapkan bisa membuat bentuk api unggun sederhana yang dibantu oleh guru kelas.

3. Mewarnai gambar api unggun

Kegiatan mewarnai merupakan kegiatan yang meningkatkan kreativitas dan seni pada anak terutama bagi perkembangan seni dan motorik halus mereka.

Kegiatan mewarnai gambar api unggun bisa menambah keceriaan anak dan mengisi waktu belajar pada pembelajaran harian.

4. Menggunting gambar api unggun

Kegiatan alternatif yang bisa dilakukan dengan anak TK, bisa ditugaskan dengan aktivitas menggunting gambar api unggun.

Kegiatan menggunting merupakan kegiatan yang dapat melatih kesabaran dan motorik halus anak usia dini.

5. Menggambar bentuk api unggun

Kegiatan umum bertemakan api bisa ditugaskan kepada siswa dengan kegiatan menggambar bentuk api unggun.

Kegiatan menggambar dapat melatih dan merangsang kognitif dan kreativitas anak untuk menghasilkan karya yang bagus dan unik.

6. Mencocok gambar api dengan tusuk gigi

Ide kegiatan yang jarang diketahui guru pada tema api untuk ditugaskan ke anak TK bisa dilakukan dengan kegiatan mencocok gambar api dengan menggunakan tusuk gigi atau lidi.

Kegiatan mencocok pada gambar api berguna untuk melatih kesabaran anak, ketelatenan dan kehati hatian agar kertas mudah tidak sobek.

7. Eksperimen sains menggunakan api kecil

Kegiatan seru dan menyenangkan yang menarik minat belajar anak TK bisa dilakukan praktik percobaan sains menggunakan api kecil.

Contoh eksperimen menggunakan api bisa dilakukan dengan lilin yang menyala ditempatkan di wadah air kemudian di tutup dengan gelas, kemudian air akan naik ke dalam gelas dan terisi sebagian.

8. Rekreasi berkunjung ke markas pemadam kebakaran kota (damkar)

Kegiatan yang bersifat rekreasi yang bisa dipilih dan dilaksanakan bersama guru dan siswa bisa dilakukan dengan kegiatan berkunjung ke kantor atau markas damkar untuk mempelajari tentang kendaraan darurat ini.

Kegiatan rekreasi ini termasuk kegiatan yang seru dan bisa digunakan sebagai sarana edukasi dan pembelajaran untuk menambah wawasan pengetahuan anak TK.

9. Simulasi cara memadamkan api

Kegiatan lain yang masih berkaitan dengan sub tema api yang bisa dikerjakan di dalam kelas dilaksanakan dengan kegiatan simulasi cara memadamkan api.

Berbagai cara untuk mengajarkan cara memadamkan api kecil misal menggunakan air, kain basah dan ditiup bila api dari lilin.

10. Membuat finger painting bentuk api unggun

Membuat karya dengan teknik finger painting merupakan ide kegiatan yang bermakna dan bermanfaat bagi perkembangan seni anak.

Dengan memanfaatkan cat warna dan kertas, siswa dapat berkreasi meniru karya finger painting buatan guru yang sudah jadi dengan hasil yang bagus dan keren.

Bagikan melalui media sosial
Atau
Bagikan dengan tautan
Posting Komentar