LKA gratis

10 Kegiatan Sub Tema Tanaman Hias untuk TK

Pada tema tanaman terdapat sub tema tanaman hias yang mempunyai kegiatan yang seru dan bermakna untuk pembelajaran anak TK.

Tema tanaman merupakan tema yang mengenalkan berbagai jenis tanaman yang bermanfaat untuk pengobatan dan penghias ruangan.

Sub tema tanaman hias adalah tema yang memperkenalkan materi tentang tanaman yang berfungsi untuk hiasan di dalam rumah dan luar rumah.

Baca juga : 10 tanaman obat untuk pembelajaran anak TK

Pada sub tema tanaman hias guru dapat menyampaikan materi tentang berbagai nama tanaman hias dan jenis tanaman hias yang ada di sekitar rumah yang mudah tumbuh subur.

Sub tema tanaman hias terdapat berbagai jenis kegiatan yang kreatif dan inovatif yang bisa menjadi pilihan guru dalam menentukan aktivitas pembelajaran yang efektif pada sub tema ini.

Baca juga : 10 kegiatan tema tanaman obat untuk anak TK

Untuk membantu guru dalam mencari ide kegiatan sub tema tanaman hias, sebagai asisten saya akan memberikan ide kegiatan yang bermakna yang dapat ditugaskan ke anak TK.

Tanaman hias

10 Kegiatan Sub Tema Tanaman Hias untuk TK

Berikut ide kegiatan yang berkreasi dan bermakna bagi perkembangan anak usia dini :

1. Mengecap bunga dengan cat warna

Kegiatan bermakna yang bisa dipilih guru untuk aktivitas pembelajaran di kelas bisa ditugaskan dengan kegiatan mengecap bunga dengan cat warna.

Kegiatan mengecap bunga ini memberikan hasil motif bunga pada kertas sehingga menghasilkan karya yang berseni dan kreatif.

2. Membuat kolase berbentuk bunga mekar

Kerajinan tangan yang unik dan dapat meningkatkan kreativitas anak dalam kegiatan pembelajaran bisa ditugaskan ke anak TK dengan kegiatan membuat kolase dari daun kering atau biji bijian.

Membuat kolase merupakan kegiatan yang bermakna dan dapat menambah pengalaman anak dalam menghias gambar terutama pada sub tema tanaman hias ini.

3. Membuat origami berbentuk bunga hias

Dengan memanfaatkan origami ditambah dengan kreativitas guru terdapat banyak kegiatan seru yang menggunakan kertas origami.

Kertas origami merupakan bahan yang sering digunakan untuk berbagai kegiatan pada pembelajaran anak TK dan bisa dengan mudah di kreasikan.

4. Menggambar bentuk bunga mawar

Kegiatan sulit yang berkaitan dengan motorik halus yang bisa dikerjakan oleh anak TK biasanya di isi dengan kegiatan menggambar bebas gambar bunga.

Kegiatan menggambar merupakan kegiatan yang umum yang banyak ditugaskan guru TK untuk mengisi waktu belajar anak.

5. Menggunting gambar bunga tulip

Kegiatan menggunting masih menjadi pilihan tugas pembelajaran harian yang bermanfaat bagi anak TK.

Pada kegiatan menggunting ini anak TK bisa melatih motorik halus mereka dan melatih kesabaran serta kehati harian dalam memotong kertas.

6. Mewarnai Gambar bunga Sepatu

Tugas harian di kelas yang juga masih banyak diterapkan sebagai kegiatan inti setelah penyampaian materi ditugaskan dengan kegiatan mewarnai.

Kegiatan mewarnai merupakan kegiatan umum yang bisa menjadi alternatif kegiatan inti yang bermakna bagi anak TK.

7. Simulasi cara menyiram tanaman hias

Kegiatan simulasi masih menjadi pilihan bagi guru pada setiap pembelajaran bersub tema khusus pada sub tema tanaman hias.

Simulasi cara menyirami tanaman hias yang benar bisa menjadi kegiatan inti yang bagus yang bisa membekali anak TK tentang cara merawat tanaman hias di rumah.

8. Simulasi cara menanam tanaman hias

Masih pada kegiatan simulasi yang berkaitan dengan cara menanam tanaman hias yang bisa mengajarkan anak TK untuk kegiatan bercocok tanam.

Kegiatan bercocok tanam merupakan aktivitas yang menyenangkan dan bermakna, untuk itu kegiatan ini menjadi ide Kegiatan yang rekreatif bagi anak.

9. Membuat wayang bentuk bunga hias

Ide kegiatan yang lumayan menyenangkan pada pembelajaran sub tema tanaman hias dikerjakan dengan kegiatan membuat wayang wayangan berbentuk bunga yang terkenal.

Membuat wayang dari bahan yang mudah didapatkan bisa menjadi ide kegiatan yang seru bagi pembelajaran anak usia dini.

10. Mencocok gambar bunga dengan tusuk gigi

Kegiatan terakhir yang bagus bila berbagai kegiatan tersebut kurang bermakna bisa dikerjakan oleh anak TK dengan kegiatan mencocok gambar bunga dengan menggunakan tusuk gigi.

Kegiatan mencocok merupakan kegiatan yang melatih kesabaran dan melatih kehati harian dalam melubangi kertas hingga selesai.

itu merupakan 10 kegiatan yang berkesan dan bermakna untuk pembelajaran anak TK untuk guru. Semoga informasi tersebut berguna dan bermanfaat bagi perkembangan anak PAUD ya bunda.

Bagikan melalui media sosial
Atau
Bagikan dengan tautan
Posting Komentar