Giofanny Sabekti Halo saya bekerja sebagai seorang content writer, selain itu saya lulusan S1 Pendidikan Islam Anak usia dini di IAIN Ponorogo.
                                               

9 Bahaya Air untuk Pelajaran Anak TK

2 min read

air minum

Bahaya air termasuk dalam sub sub tema pembelajaran tema air, api dan udara yang digunakan untuk pelajaran anak TK.

Tema air, api dan udara merupakan tema besar yang terdapat pada kurikulum 2013 untuk kegiatan pembelajaran anak PAUD.

Pada sub tema air terdapat banyak pembelajaran bagi siswa terutama manfaat air, cara menggunakan air, kegunaan air dan bahaya air.

Pada sub sub tema bahaya air banyak wawasan pengetahuan yang wajib diketahui oleh anak TK yang harus mereka pahami dan ketahui.

Guru berperan menyampaikan materi yang berkaitan dengan bahaya air yang selain bermanfaat terdapat juga bahaya yang mengancam manusia.

Baca juga : 9 kegunaan air pembelajaran anak TK

Bahaya air timbul dari adanya air dalam jumlah banyak yang tidak digunakan sebagai mana mestinya sehingga mengakibatkan banyak bencana bagi manusia.

Untuk membantu guru dalam kegiatan penyampaian materi terkait dengan air maka sebagai asisten saya akan memberitahukan 9 bahaya air yang perlu diketahui untuk pelajaran anak TK.

9 Bahaya air untuk pelajaran anak TK

1. Banjir

Banjir timbul akibat banyaknya air hujan yang tidak terserap oleh tanah sehingga muncullah bencana banjir bandang.

Banjir merupakan bahaya yang berkaitan dengan air yang bisa menenggelamkan barang barang dan peralatan elektronik di rumah.

Saat banjir kita harus berhati hati karena bahaya yang bisa terjadi seperti tersengat listrik, tenggelam atau terseret arus banjir.

2. Terpeleset

Bahaya dari air yang bisa membuat cidera pada badan bisa terjadi akibat terpeleset, terpeleset terjadi karena adanya air yang menggenang sedikit pada lantai yang membuat jalan menjadi sangat licin.

Saat lantai basah anak TK harus berhati hati saat berjalan melewatinya agar tidak terpeleset yang membuat badan terasa sakit.

3. Tenggelam

Kejadian yang sering terjadi oleh anak TK dan SD yang banyak kasusnya akibat dari tidak bisa berenang yang membuat badan menjadi tenggelam.

Saat hidung kemasukan air bisa terasa sangat panas seperti terbakar, pada saat tenggelam kita akan menghirup air yang bisa berdampak pada kematian.

Oleh karena itu kita harus berhati hati saat berada di kolam renang atau dekat dengan sungai agar terhindar dari bahayanya.

4. Tanah longsor

Bencana yang terjadi akibat adanya pengaruh air terutama air hujan bisa berakibat tanah longsor terutama yang tinggal di lereng gunung atau rumahnya dibawah bukit.

Tanah longsor terjadi akibat air yang menggerus tanah yang menjadikan tanah tidak stabil ditambahkan tidak ada pohon sehingga mudah sekali longsor.

5. Erosi dan abrasi

Erosi dan abrasi merupakan kondisi dimana tanah menjadi terkikis akibat dari pengaruh air yang umum terjadi di lereng dan pantai.

Erosi bisa terjadi akibat air hujan dan arus air sedangkan abrasi terjadi akibat arus laut yang membuat tanah pinggiran pantai menjadi terkikis.

Agar terhindar dari erosi dan abrasi maka perlu ditanami dengan tumbuhan yang kuat seperti pohon dan pohon bakau untuk pantai.

6. Pencemaran air

Air tidak hanya berguna untuk mandi dan minum saja tapi juga berguna untuk perairan sawah dan irigasi. Pencemaran air akibat limbah dan sampah yang dibuang ke sungai berakibat pada kotornya air.

Pencemaran air ini harus dicegah dengan kesadaran dan kepedulian terhadap air yang harus ditanamkan sejak kecil.

7. Terkena air panas

Air yang digunakan untuk memasak ternyata berbahaya seperti air panas yang mendidih bisa melukai tangan dan badan.

Terkena air panas bisa membuat kulit menjadi melepuh dan terasa sangat sakit. Maka anak TK perlu diberitahu tentang bahaya air panas bila digunakan untuk bermain.

8. Perut kembung

Air minum selain untuk melepas dahaga juga bisa membuat sakit perut contohnya seperti perut kembung yang terjadi akibat terlalu banyak minum air.

Perut kembung bisa berbahaya terutama bagi anak TK, guru perlu memberi nasihat untuk tata cara minum dan juga peran untuk tidak minum berlebihan.

9. Tsunami

Bahaya air yang bisa merusak fasilitas umum dan rumah serta membuat kendaraan menjadi rusak yang bisa terjadi akibat dari tsunami.

Tsunami bisa membuat kematian dan hilangnya barang barang berguna di rumah, kita harus berhati hati bila terjadi gempa bumi terutama yang tinggal di kawasan pantai.

Giofanny Sabekti
Giofanny Sabekti Halo saya bekerja sebagai seorang content writer, selain itu saya lulusan S1 Pendidikan Islam Anak usia dini di IAIN Ponorogo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *