LKA gratis

8 Nama dan Fungsi Anggota Tubuh untuk Anak TK

Tema diri sendiri untuk pembelajaran anak TK sangat beragam dan banyak wawasan yang diberikan oleh guru dalam pembelajarannya.

Pada sub tema anggota tubuh terdapat banyak sub sub tema yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran salah satunya sub sub tema fungsi anggota tubuh dan namanya.

Penyampaian materi pelajaran sub tema anggota tubuh bisa disampaikan secara lisan atau disertai simulasi agar siswa semakin paham.

Baca juga : 8 cara merawat anggota tubuh untuk pelajaran anak TK

Pada sub tema anggota tubuh terdapat beberapa materi yang istimewa yang terkandung dalam penyampaian materi pelajarannya.

Sub tema anggota tubuh mempelajari berbagai macam bagian tubuh manusia yang memiliki fungsi dan kegunaan yang digunakan dalam aktivitas sehari-hari.

Untuk membantu guru dalam kegiatan penyampaian materi pembelajaran di TK sebagai asisten saya akan membantu guru dalam mempelajari beberapa nama dan fungsi anggota tubuh.

Kesehatan gigi

8 Nama dan fungsi anggota tubuh untuk anak TK

1. Rambut

Rambut merupakan bagian tubuh yang berfungsi sebagai pelindung kepala dan juga penghias penampilan agar terlihat cantik dan tampan.

Rambut juga disebut sebagai mahkota yang harus dirawat dan dijaga dengan pemeliharaan yang baik agar tetap awet dan sehat.

2. Mata

Mata merupakan bagian tubuh yang memiliki kegunaan dan fungsi utama untuk melihat berbagai keindahan alam dan benda benda berguna.

Mata merupakan bagian tubuh yang harus dilindungi dan dirawat dengan baik agar tetap sehat dan berfungsi dengan baik.

3. Hidung

Hidung merupakan alat panca indera yang memiliki kegunaan dan fungsi untuk bernapas dan mencium berbagai jenis baik dan aroma.

Hidung merupakan panca Indra yang penting yang harus dilindungi dan dijaga kebersihan serta kesehatannya agar tetap sehat.

4. Mulut dan gigi

Mulut merupakan bagian tubuh yang memiliki fungsi untuk berbicara, kita harus menjaga mulut dari ucapan yang tidak bermanfaat.

Selain itu ada bagian tubuh yang bernama gigi, gigi merupakan bagian tubuh yang berfungsi untuk mengunyah makanan.

Kesehatan mulut harus dijaga agar tidak mudah terkena sariawan dan juga gigi harus dijaga kebersihannya agar tidak mudah berlubang.

5. Tangan

Bagian anggota tubuh yang penting dan berguna untuk aktivitas dan kegiatan sehari-hari adalah tangan.

Tangan berfungsi untuk memegang, mengangkat dan meraba berbagai benda serta barang barang.

Selain itu bagi pelajar, tangan berfungsi untuk sarana belajar seperti menulis dan bermain.

6. Kaki

Kaki adalah anggota tubuh yang berfungsi untuk berjalan dan berlari. Kaki perlu dijaga kebersihannya agar tetap bersih dan sehat.

Bagian kaki yang harus dijaga kebersihannya terletak pada bagian kuku, kuku kaki perlu dipotong agar bersih dan tidak terasa sakit saat tersandung batu.

7. Lidah

Alat panca Indra yang berfungsi untuk merasakan berbagai jenis rasa bernama lidah.

Lidah merupakan bagian tubuh yang lunak yang berguna untuk mengecap rasa seperti manis, pahit, asin dan asam.

Lidah perlu dirawat sama seperti gigi dan mulut agar tetap sehat dan berfungsi dengan baik sebagaimana mestinya.

8. Alis dan bulu mata

Alis dan bulu mata memiliki fungsi yaitu untuk keindahan dan juga untuk melindungi mata dari benda benda tajam dan berbahaya bagi mata.

Alis dan bulu mata perlu dirawat dengan berbagai cara yang baik agar tetap berfungsi untuk melindungi mata dan keindahan.

Bagikan melalui media sosial
Atau
Bagikan dengan tautan
Posting Komentar