Giofanny Sabekti Halo saya bekerja sebagai seorang content writer, selain itu saya lulusan S1 Pendidikan Islam Anak usia dini di IAIN Ponorogo.
                                               

9 Sumber Api untuk Pelajaran Anak TK

2 min read

kayu terbakar

Kegiatan pembelajaran anak TK tidak lengkap bila tidak terdapat materi pembelajaran yang sesuai dengan tema dan sub tema.

Penyampaian materi pembelajaran oleh guru kepada anak TK harus disampaikan secara lisan dan eksperimen agar siswa paham dan mengerti.

Karena pembelajaran paud bertema maka terdapat materi pada tema tertentu misalnya tema api, air dan udara terdapat sub tema api dan sub sub tema sumber api.

Baca juga : 8 Sifat api untuk pembelajaran anak TK

Sub sub tema sumber api materi pembelajaran yang berkaitan dengan asal usul api. Asal usul api sangat banyak dan bisa ditemukan di rumah pada aktivitas memasak ibu.

Sumber api merupakan asal api yang berasal dari sumber penghasil api yang mudah terbakar. Sumber api sangat beragam jenisnya.

Baca juga : 7 Bahaya api untuk pelajaran anak TK

Total ada 9 sumber api yang bisa diketahui hingga sekarang yang sering digunakan dalam kegiatan sehari hari.

9 Sumber Api untuk pelajaran anak TK

1. Korek api

Korek api merupakan sumber api yang mudah digunakan dan mudah dibawa kemana mana, korek api digunakan untuk menyalakan api dan dimanfaatkan untuk membakar sampah dan menyalakan kayu bakar.

Kita harus hati hati bila bermain dengan korek api karena bisa menyebabkan kebakaran. Korek api ada yang berbahan dari gas dan kayu.

2. Kompor

Kompor merupakan sumber api yang berasal dari gas elpiji dan minyak tanah. Kompor bisa menghasilkan api karena terdapat bahan bakar seperti gas elpiji dan minyak tanah.

Kompor dimanfaatkan untuk kegiatan sehari hari seperti memasak dan memanggang daging dan roti.

Kita harus berhati hati dengan kompor karena bisa membuat luka bakar dan bisa terjadi resiko kebakaran akibat bermain main dengan api.

3. Listrik

Listrik merupakan sumber api yang berbahaya dan bisa membuat jiwa menjadi melayang.

Api yang berasal dari listrik terjadi karena konsleting listrik, konsleting listrik ini bisa membakar rumah yang terdapat kayu.

Listrik berbahaya jika digunakan untuk main main, maka kita harus berhati hati dari listrik dan menjauhi penggunaan listrik terutama untuk anak TK.

4. Gunung berapi

Gunung berapi merupakan gunung yang sedang mengalami erupsi dan sedang meletus sehingga bisa mengeluarkan magma atau lava.

Lava dari gunung berapi merupakan sumber api alami yang berasal dari alam yang tidak bisa dimanfaatkan.

Api dari lava ini sangat berbahaya bila terkena tumbuhan dan hewan karena bisa terbakar dan membuat keduanya mati.

5. Kayu bakar

Kayu bakar merupakan sumber api yang digunakan sebagai bahan untuk menyalakan api. Kayu bakar mudah terbakar bila terkena api terutama kayu kering.

Selain kayu bakar ada arang yang berasal dari kayu juga merupakan sumber api yang ramah lingkungan dan dimanfaatkan untuk memanggang ayam atau sate.

6. Matahari

Matahari merupakan pusat tata Surya yang berasal dari bola api yang menyala dengan suhu sangat tinggi. Matahari bisa digunakan untuk menghasilkan api yang dapat membakar kertas.

Cara menggunakan matahari sebagai sumber api harus memanfaatkan kaca pembesar dengan diarahkan ke cahaya matahari.

Karena sangat panas, panas matahari bisa sampai ke bumi yang dimanfaatkan untuk mengeringkan baju, fotosintesis dan mengeringkan gabah para petani.

7. Batu bara

Sumber api alternatif yang dimanfaatkan sebagai penghasil api yang kuat berasal dari baru bara.

Batu bara berasal dari pepohonan yang membatu yang tertimbun dibawah tanah dalam waktu yang lama sehingga dapat menjadi baru bara.

Batu bara digunakan untuk menggerakkan kereta api melalui proses pembakaran agar kereta bisa berjalan dengan cepat.

8. Petir

Sumber api petir yang berasal dari cuaca hujan disertai dengan petir yang menyambar, saat pohon terkena petir maka pohon bisa terbakar.

Panas petir sangat tinggi sehingga bila terkena rumah dan pohon bisa rusak dan terbakar.

Kita harus hati hati bila terdapat petir jangan berlindung dibawah pohon atau tempat yang terbuka seperti lapangan atau persawahan.

9. Bensin dan minyak tanah

Bensin dan minyak tanah merupakan bahan bakar yang bisa menghasilkan api yang besar.

Kedua benda ini mudah sekali terbakar bila terkena api, dimanfaatkan untuk bahan bakar kendaraan dan untuk memasak menggunakan kompor minyak.

Kedua benda ini berasal dari perut bumi yang merupakan olahan dari minyak bumi melalui kegiatan pertambangan minyak bumi.

Giofanny Sabekti
Giofanny Sabekti Halo saya bekerja sebagai seorang content writer, selain itu saya lulusan S1 Pendidikan Islam Anak usia dini di IAIN Ponorogo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *