LKA gratis

10 Kegiatan Sub Tema Pakaian untuk TK dan KB

Pada tema kebutuhan ku terdapat sub tema pakaian, selain berupa penyampaian materi pembelajaran terdapat kegiatan pembelajaran yang aktif dan seru.

Tema kebutuhan ku merupakan salah satu tema yang istimewa, pada keseluruhan sub tema terdapat berbagai pembelajaran yang seru dan menyenangkan.

Tema kebutuhan ku merupakan tema yang menyajikan pembelajaran yang berkaitan dengan barang barang kebutuhan hidup yang penting dan digunakan sehari hari.

Sub tema pakaian merupakan sub tema khusus yang ada pada tema kebutuhan ku yang pada pembelajarannya terdapat berbagai kegiatan yang seru dan menyenangkan untuk ditugaskan ke anak TK.

Selain kegiatan yang seru dan bermanfaat terdapat artikel terkait yang mungkin anda suka karena mempunyai kesamaan topik dengan sub tema pakaian :

Baca juga : 6 Manfaat pakaian untuk pelajaran anak TK

Baca juga : 6 Cara merawat pakaian untuk pelajaran anak TK

Untuk membantu guru menentukan dan memilih kegiatan yang menyenangkan serta seru untuk pembelajaran anak TK, Sebagai asisten akan menyampaikan 10 ide kegiatan sub tema pakaian untuk tugas anak TK dan KB.

Pakaian

10 Kegiatan Sub Tema Pakaian untuk Pembelajaran anak TK dan KB

Berikut daftar kegiatan yang keren dan unik serta edukasi untuk pembelajaran anak TK / KB sub tema pakaian :

1. Membuat kolase gambar pakaian sehari hari

Kegiatan pembelajaran yang direkomendasikan pada sub tema pakaian ditugaskan dengan aktivitas membuat kolase.

Menggunakan bahan bahan yang mudah dijumpai anak TK berkreasi dengan kreativitas masing menghias gambar baju, gaun atau celana.

Kegiatan membuat kolase merupakan kegiatan yang berkesan dan masih menyenangkan untuk dikerjakan oleh anak TK.

2. Menggunting gambar Baju dan Celana

Kegiatan menggunting masih termasuk dalam aktivitas yang melatih perkembangan motorik halus anak dan melatih kehati harian dalam memotong serta menggunakan gunting.

Menggunting menjadi kegiatan yang seru pada sub tema pakaian. Menggunting memberikan manfaat bagi perkembangan anak terutama motorik halus dan kognitif.

3. Mewarnai gambar Baju dan Celana

Kegiatan alternatif pada sub tema pakaian yang bisa dikerjakan dan ditugaskan ke anak TK dilakukan dengan kegiatan mewarnai.

Tentu kegiatan mewarnai pada sub tema pakaian harus dipilih dengan baik contohnya sketsa bergambarkan baju, gaun atau celana.

4. Menggambar Baju dan Celana

Kegiatan menggambar merupakan aktivitas yang sulit terutama untuk anak TK karena perkembangan motorik halus pada tangan yang belum begitu fasih menggunakan pensil.

Kegiatan ini masih banyak ditugaskan ke anak TK di sekolah TK yang terkenal karena bermanfaat untuk melatih motorik halus dan kreativitas dalam seni anak.

5. Simulasi cara mencuci pakaian dengan tangan

Kegiatan yang bersifat edukatif untuk pembelajaran anak TK pada sub tema pakaian dikerjakan oleh guru dengan aktivitas simulasi cara mencuci pakaian yang benar menggunakan tangan.

Kegiatan simulasi mencuci pakaian untuk anak TK memberikan nilai edukasi yang berguna sebagai keterampilan cara merawat pakaian yang benar.

Diharapkan dengan kegiatan mencuci ini memberikan rangsangan pembelajaran sehari hari untuk anak TK di rumah.

6. Simulasi cara menyetrika baju dan celana

Kegiatan simulasi yang bermanfaat untuk menambah wawasan anak dikerjakan guru melalui kegiatan cara menyetrika baju menggunakan setrika yang tidak dicolok.

Kegiatan menyetrika baju bisa membekali anak TK tentang ilmu cara melipat pakaian yang benar dan cara menggunakan setrika.

Diharapkan dengan adanya kegiatan simulasi ini anak TK dapat mengamati dan mengambil pengetahuan tentang ilmu merawat pakaian dari penjelasan guru.

7. Membuat origami baju dan celana

Kegiatan membuat kerajinan menggunakan origami sangat beragam dan banyak jenis kegiatan di dalamnya.

Kegiatan menggunting menggunakan origami membentuk pakaian seperti baju dan celana merupakan kegiatan kerajinan origami.

Disini guru harus mengembangkan kreativitas dan keterampilan dalam memanfaatkan origami pada sub tema pakaian.

8. Mencocok gambar baju dan pakaian dengan tusuk gigi

Kegiatan mencocok banyak menjadi pilihan guru dalam memilih kegiatan yang menyenangkan pada sub tema pakaian.

Kegiatan mencocok menggunakan tusuk gigi atau lidi berguna untuk melatih kesabaran dan ketelitian anak dalam menusuk dan mencocok gambar pakaian.

9. Membuat wayang gambar baju dan celana

Kegiatan kreatif yang bisa menjadi ide kegiatan yang menyenangkan untuk ditugaskan ke anak TK dilakukan dengan aktivitas membuat wayang berbentuk pakaian seperti baju.

Membuat wayang pada sub tema pakaian bisa menggunakan sedotan atau stik es krim dan membutuhkan gambar pakaian yang bisa dibuat sendiri.

10. Menjahit dan menganyam bentuk pakaian

Kegiatan terakhir jika beberapa kegiatan di atas kurang menarik untuk kegiatan anak TK bisa dikreasikan dengan kegiatan menjahit atau menganyam kertas pada gambar pakaian.

Kegiatan menjahit dan menganyam merupakan kegiatan simulasi yang bisa merangsang kognitif anak dan belajar cara memperbaiki pakaian yang robek atau bolong.

Bagikan melalui media sosial
Atau
Bagikan dengan tautan
Posting Komentar