Giofanny Sabekti Halo saya bekerja sebagai seorang content writer, selain itu saya lulusan S1 Pendidikan Islam Anak usia dini di IAIN Ponorogo.
                                               

10 Sifat Air untuk Pembelajaran Anak TK

2 min read

sifat air

Pembelajaran anak TK cukup padat karena banyak kegiatan yang harus dilakukan pada pembelajaran hari tersebut.

Pembelajaran anak TK berbasis tema dan sub tema yang membuat kegiatan pembelajaran menjadi terarah dan efektif.

Tema air, api dan udara merupakan kurikulum yang harus diselenggarakan oleh sekolah di dalam kelas.

Baca juga : 8 Bahaya air untuk pelajaran anak TK

Pada sub tema air terdapat materi pembelajaran yang berkaitan dengan sifat air, sifat air ini harus dijelaskan kepada siswa agar mereka memperoleh wawasan yang yang berguna untuk mencerdaskan otak.

Sifat air ini cocok dijelaskan kepada anak TK melalui kegiatan eksperimen sederhana supaya mereka merasa kegiatan yang dilakukan bermakna dan seru.

Baca juga : 9 kegunaan & manfaat air untuk pelajaran anak TK

Untuk membantu guru dalam menjelaskan materi pembelajaran sifat air, sebagai asisten saya akan memberikan wawasan terkait sifat air. Semoga informasi berikut berguna untuk membantu ibu guru dalam kegiatan pembelajaran.

10 Sifat Air untuk pembelajaran anak TK

1. Air Mampu berubah bentuk sesuai wadah

Sifat air yang harus dipahami oleh anak TK yaitu air bisa berubah bentuk sesuai dengan bentuk wadah.

Air bisa berubah bentuk karena bersifat cair, jika dimasukkan ke botol atau gelas maka bentuknya akan mengisi gelas.

2. Air Mampu berubah wujud

Sifat air yang kedua mampu berubah wujud, sifat ini dapat diketahui jika kita mempunyai es batu.

Es batu akan berubah wujud ke bentuk air yang cair karena mencair. Tapi jika dimasukkan ke kulkas maka air bisa berubah bentuk menjadi padat alias membeku.

3. Permukaan air tampak tenang dan terlihat datar

Sifat air yang bisa diamati di rumah dapat dijumpai di kamar mandi dan genangan air hujan. Air mempunyai sifat tenang, tenangnya air dipengaruhi oleh wadah jika wadahnya tetap diam maka permukaan air akan tenang dan terlihat datar.

Sifat air ini berbeda jika terdapat faktor lain misalnya di laut permukaan air tidak bisa tenang karena pengaruh angin dan rotasi bulan.

4. Air Mampu melarutkan gula, garam dan pewarna

Sifat air yang sering ditemukan dan diterapkan oleh orangtua bisa dijumpai di rumah, hal ini sering dikerjakan oleh ibu untuk membuat masakan dan kopi.

Sifat air ini mampu melarutkan zat. Tidak semua zat dapat larut ke air hanya beberapa zat saja yang bisa larut misalnya gula, garam dan pewarna.

5. Air Mudah terserap oleh spon, kain dan tisu

Air dapat dengan mudah terserap oleh benda yang mempunyai pori pori contohnya air akan terserap jika terkena spon, kain atau tisu.

Spon kain dan tisu akan basah karena air mempunyai sifat kapilaritas yang bisa membuat air naik dan tertahan di benda yang mempunyai pori pori kecil.

6. Air Turun dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah

Sifat air lain yang bisa diamati secara langsung bisa dilihat melalui percobaan air mengalir dan menetes melalui bak yang sudah diberi lubang.

Air mempunyai sifat mengalir dari tempat tinggi ke tempat yang rendah contohnya pada sungai yang berasal dari hulu mengalir ke hilir hingga sampai ke laut.

7. Air Mampu keluar dari celah dan lubang kecil

Sifat air yang bisa dilakukan dengan eksperimen dicoba dengan melubangi kantong air menggunakan jarum atau tusuk gigi.

Dari percobaan itu air akan keluar melalui celah kecil sehingga sifat air mudah keluar saat terdapat celah / lubang walaupun sangat kecil.

8. Air mempunyai berat dan bisa menghantarkan listrik

Fakta sifat air yang harus diketahui anak tK bahwa air mempunyai berat, air memiliki berat karena termasuk dalam kategori zat.

Selain mempunyai berat, air juga bisa menghantarkan arus listrik. Air merupakan penghantar listrik yang baik, maka saat mandi kita harus menjauh dari jangkauan listrik agar tidak tersengat arus listrik melalui air.

9. Massa jenis air lebih berat dibanding minyak

Sifat air yang membuat air tidak bisa mengalahkan minyak terbukti pada eksperimen sains sederhana, pada percobaan tersebut minyak akan mengambang diatas air.

Minyak bisa mengambang karena massa jenisnya jauh lebih ringan dibandingkan massa jenis air sehingga air akan tetap dibawah.

10. Air mempunyai sifat kapilaritas

Sifat air yang terakhir berkaitan dengan kapilaritas, mungkin sifat ini masih belum saatnya diketahui oleh anak TK. Tapi sebagai rangsangan belajar harus dijelaskan walaupun sedikit.

Kapilaritas adalah naik turunnya air melalui celah atau pori pori kecil yang membuat air bisa berpindah tempat. Contoh kapilaritas terdapat pada cara kerja akar pohon.

Terdapat ide eksperimen yang mempelajari cara kerja kapilaritas contohnya pada “eksperimen kubis warna” yang bisa merubah kubis segar menjadi berwarna dengan menggunakan air yang berwarna.

Giofanny Sabekti
Giofanny Sabekti Halo saya bekerja sebagai seorang content writer, selain itu saya lulusan S1 Pendidikan Islam Anak usia dini di IAIN Ponorogo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *